Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Kamar Ini Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak Menurut Feng Shui

Kompas.com - 27/07/2021, 08:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merancang kamar tidur yang bisa membuat istirahat lebih nyaman dan tidur nyenyak adalah sebuah seni.

Semua pencahayaan yang hangat, seprai yang nyaman, hingga tirai gelap di dunia tidak dapat menjamin istirahat malam yang baik jika energi yang mendasari kamar tidur mati. Menurut filosofi feng shui, ada banyak faktor yang berkontribusi pada keseluruhan nuansa ruangan, dan warna adalah aspek penting.

Dilansir dari Mind Body Green, Selasa (27/7/2021), sejumlah pakar feng shui menyebut merah adalah warna yang paling menguntungkan dalam feng shui karena sangat berapi-api, penuh gairah, dan menguatkan kehidupan.

Baca juga: Meja Kerja Menghadap Dinding, Bagus atau Tidak Menurut Feng Shui?

“Konon, merah adalah warna yang sangat kuat, jadi Anda tidak perlu menggunakannya banyak-banyak,” kata Anjie Cho, seorang arsitek dan pendidik feng shui.

"Ini bisa sangat berlebihan, jadi bahkan sedikit warna merah di ruangan Anda, seperti bantal beraksen atau karya seni, bisa membuat pernyataan besar," imbuh Cho.

Apakah ada warna sial dalam feng shui?

Tidak ada warna yang benar-benar terlarang dalam feng shui, tetapi beberapa bisa menjadi masalah tergantung bagaimana Anda menggunakannya.

Karena setiap warna dikaitkan dengan energi tertentu, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memikirkan dengan hati-hati tentang ruangan tempat Anda menempatkannya.

Baca juga: Simak, Panduan Memilih Meja Makan Menurut Feng Shui

Rebecca West, pelatih psikologi desain, desainer interior, dan penulis Happy Starts at Home, memberikan contoh, oranye mungkin digunakan dengan baik di ruang keluarga di mana Anda ingin mendorong interaksi sosial dan perasaan yang hidup dan menyenangkan.

"Tetapi mungkin bertentangan dengan tujuan Anda di ruangan yang tenang yang dimaksudkan untuk refleksi, seperti sebuah kamar tidur," sebut dia.

Dengan kata lain: Sementara warna fluoresen yang cerah mungkin tidak "buruk" secara inheren di feng shui, itu tidak berarti itu termasuk dalam kamar tidur.

Jadi warna apa yang tepat untuk kamar tidur menurut feng shui?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com