Kompas.com - 27/07/2021, 07:26 WIB
Ilustrasi seprai tempat tidur. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi seprai tempat tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca panas, tentu saja kita lebih mudah dan banyak berkeringat, termasuk saat tiudr. Memang, penting untuk mencuci seprai dan sarung bantal secara rutin, tetapi saat cuaca panas, keringat dapat menyebabkan kelebihan bakteri dan bau pada tempat tidur.

Oleh sebab itu, seprai Anda harus lebih sering diganti dan dicuci saat cuaca panas.

Dilansir dari Mind Body Green, Selasa(26/7/2021), menurut Tonya Harris, pakar racun lingkungan dan pendiri Slightly Greener, protokol standar untuk mencuci seprai dan sarung bantal Anda kira-kira seminggu sekali.

Baca juga: 5 Kesalahan Mencuci Seprai yang Sering Dilakukan

"Tetapi ada beberapa alasan berbeda mengapa Anda harus mencuci seprai lebih sering saat cuaca panas," jelas Harris.

Untuk satu hal, kita jelas berkeringat lebih banyak, yang dapat menyebabkan bakteri dan bau. Selain itu, imbuh Harris, alergen seperti serbuk sari dapat masuk ke dalam tubuh Anda.

"Jadi mencuci seprai Anda lebih sering akan membantu mengurangi alergen (dan tungau debu) yang dapat menyebabkan gejala (penyakit)," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, selama cuaca panas, Anda sebaiknya melipatgandakan frekuensi mencuci seprai dan sarung bantal sesering setiap tiga atau empat hari. Menurut Harris, itu seharusnya cukup untuk mencegah bakteri, bau, dan alergen.

Baca juga: Sulit Tidur? Coba Ganti Seprai dengan Warna Ini

Apabila Anda menggunakan selimut tipis, maka perlu dicuci sama seperti seprai dan sarung bantal.

Cara mencuci seprai saat cuaca panas

Seperti halnya semua pembersihan, selalu periksa label pada seprai untuk instruksi perawatan. Seprai berbahan katun, misalnya, dapat dicuci dengan air panas, sedangkan bahan lain lebih baik dicuci dengan air dingin.

"Gunakan deterjen lembut untuk mencuci tempat tidur pada pengaturan paling hangat yang direkomendasikan dalam instruksi perawatan, dan kemudian keringkan dengan suhu rendah," saran Harris.

Ini juga membantu untuk memiliki seprai ekstra di tangan, untuk mengurangi keausan dari begitu banyak pencucian.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.