Kompas.com - 26/07/2021, 17:20 WIB
Ilustrsai kecoak PoravuteIlustrsai kecoak

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak adalah hama dalam ruangan yang umum ditemui di setiap rumah. Kehadiran kecoak di rumah sangat mengganggu dan meresahkan lantaran serangga ini dikenal sebagai penyebar kuman dan penyakit, memicu asma, serta gejala alergi. 

Beberapa orang percaya bahwa kecoak lebih umum ditemui di kamar mandi daripada ruangan lain di rumah. Hal ini karena populasi sebagian besar kecoak berkembang di sistem saluran pembuangan air. 

Baca juga: Cara Mencegah Kecoak Masuk ke Rumah

Kecoak biasanya muncul di bak kamar mandi, kloset, dan lubang pembuangan air. Namun, pada kondisi tertentu, lama-kelamaan kecoak dapat masuk ke ruangan karena ingin mencari makanan, air, tempat berlindung, atau kombinasi dari ketiganya.

Dengan demikian, setiap ruangan di rumah yang memiliki lebih banyak peralatan air, seperti dapur, ruang bawah tanah dengan pipa ledeng, atau kamar mandi, lebih rentan menarik kecoak daripada ruangan lain di rumah. 

Baca juga: Cara Mencegah Kecoak Masuk ke Rumah

Dilansir dari laman Hunker, Senin (26/7/2021), Terminix mencatat bahwa kecoak bahkan bisa memakan pasta gigi dan sabun. Selain itu, kecoak juga cenderung jatuh ke bak mandi, shower, dan wastafel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini berarti bahwa kecoak lebih rentan muncul di kamar mandi daripada di ruangan lain. Namun, itu tidak berarti bahwa ada lebih banyak kecoak di kamar mandi daripada di area lain. 

Baca juga: Tips Jitu Mengatasi Kecoak Terbang

Mencegah kecoak di kamar mandi

Berbekal pengetahuan tentang mengapa kecoak lebih umum ditemui dan tertarik di dalam ruangan, cara mencegah kecoak di kamar mandi menjadi lebih mudah.

Dengan menghilangkan sumber kelembapan berlebih di kamar mandi, dapat memaksa kecoak pergi dan mencegahnya masuk ke rumah dan kamar mandi.  

Baca juga: Baking Soda dan 5 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Kecoak di Kamar Mandi

Demikian pula, berhati-hati dalam membersihkan makanan atau remah-remah makanan karena makanan sisa yang terjatuh dapat mengundang kedatangan kecoak.

Tak hanya itu, kecoak juga lebih suka tinggal di tempat gelap dan terpencil yang tidak sering dikunjungi manusia sehingga penting untuk membersihkan area ini secara teratur demi mencegah kecoak muncul. 

Baca juga: Tips untuk Menjaga Dapur agar Bebas dari Kecoak, Semut, dan Tikus

Jangan lupa menutup lubang di bawah wastafel, termasuk celah di sekitar pipa air untuk mencegah kecoak masuk ke kamar mandi.

Apalagi, mengingat umumnya kecoak memasuki kamar mandi melalui celah atau lubang di sekitar pipa ledeng.



Sumber Hunker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.