Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Memotong Bunga yang Tepat untuk Diletakkan di Vas

Kompas.com - 21/07/2021, 14:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam dan merawat bunga di halaman rumah tak hanya membuat rumah semakin teduh dan cantik, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan atau dekorasi di dalam rumah.

Namun, untuk memetik bunga tersebut tak boleh asal. Ada trik yang harus diperhatikan sebelum memetik atau memotongnya. 

Baca juga: Ingin Menanam Bunga Kertas? Ketahui Dulu Fakta Menariknya

Melansir dari Gardening Know How, Rabu (21/7/2021), keberhasilan memetik dan menata bunga potong sendiri membutuhkan pengetahuan serta pertimbangan dalam proses pemanenannya. Selain itu, memperhatikan kebutuhan dan kondisi setiap jenis bunga.

Langkah pertama memetik atau mengambil bunga dari kebun adalah menyiapkan alat yang tepat. Sebelum memetik atau memotong bunga dan memasukkannya ke vas, bersihkan gunting yang hendak dipakai, kemudian sediakan ember untuk menyimpan bunga potong. 

Baca juga: Penyebab Bunga Kertas Tidak Berbunga dan Kering

Hal ini dilakukan guna memastikan bakteri tidak ikut masuk ke batang tanaman dan memperpanjang masa bunga di dalam vas.

Meski beberapa varietas bunga memerlukan persyaratan khusus, sebagian besar bunga membutuhkan ember untuk diisi dengan air dingin guna persiapan panen. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Mawar dari Buket 

Waktu terbaik memetik bunga 

Tak hanya itu, Anda juga perlu mempelajari cara memanen bunga potong dan mencari tahu tentang bunga tersebut seperti waktu terbaik untuk memetiknya. 

Ada beberapa bunga harus dipetik lebih awal, tetapi bunga lainnya lebih baik saat dibiarkan terbuka dan matang di halaman rumah.

Sebab, jika memanen atau memotong bunga sebelum atau melewati masa mekarnya, dapat menyebabkan penurunan daya tahan bunga di dalam vas, bahkan menyebabkan seluruh batang layu. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga Cantik Beraneka Warna, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Hal yang harus diketahui adalah memanen bunga potong paling baik dilakukan saat suhu menurun atau dingin. Artinya, dilakukan saat pagi-pagi sekali. Sebab, suhu ringan pada pagi hari akan membantu memastikan bahwa batang bunga terhidrasi saat dipotong dari tanaman.

Untuk memotong batang bunga, cukup membuat potongan pada sudut 45 derajat pada panjang batang yang diinginkan.

Begitu pun saat memanen bunga potong, segera masukkan bunga ke ember berisi air, lalu singkirkan semua daun dari batang yang berada di bawah permukaan ember. 

Baca juga: Media Tanam untuk Bunga Krisan agar Subur dan Berbunga

Setelah panen bunga potong selesai, disarankan menempatkan batang di ember lain berisi air hangat yang bersih dengan tambahan pengawet bunga. 

Hal ini bermanfaat membantu bunga saat terus membutuhkan air. Setelah beberapa jam, masukkan bunga dalam vas yang telah berisi air dan letakkan di ruangan guna mempercantik tampilan ruangan dan rumah.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com