Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Meletakkan Akuarium di Rumah Menurut Feng Shui

Kompas.com - 09/07/2021, 07:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah praktik kuno yang berasal dari Tiongkok. Kata-kata feng shui secara harfiah diterjemahkan menjadi "angin" dan "air" dalam bahasa Mandarin.

Feng shui bekerja dengan energi serta simbol untuk memodulasi qi (atau energi kekuatan hidup) di rumah, sehingga Anda dapat hidup lebih selaras dengan lingkungan.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (9/7/2021), karena hubungan dengan alam, maka salah satu simbol penting dalam feng shui adalah ikan.

Baca juga: 5 Manfaat Memelihara Ikan Dalam Akuarium

Ikan telah lama menjadi lambang kelimpahan di Asia Timur. Ikan dan nasi adalah makanan pokok untuk budaya ini dan komponen penting dari ekonomi mereka.

Simbol ikan

Ikan mas China sangat mirip dengan salmon dalam arti bahwa spesies ikan ini dikenal karena ketekunannya saat mereka berenang melawan arus. Meskipun sulit untuk berenang ke hulu, ada kekuatan yang dipupuk melalui ini.

Ikan mas adalah pengingat bahwa kita mampu melewati kesulitan dan menerima hadiah besar. Di Asia, ada cerita tentang ikan mas yang berenang di Sungai Kuning dan melompat melalui gerbang naga untuk berubah menjadi naga yang kuat.

Sementara itu, elemen air juga terhubung dengan aliran energi, kekayaan, dan peluang untuk Anda.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Akuarium yang Berkerak

Untuk itu, memiliki akuarium membawa unsur air dengan cara yang tetap segar dan bersirkulasi, dengan masuknya kehidupan alam atau ikan di dalamnya.

Dalam feng shui, ikan yang dapat bergerak dengan bebas, tanpa hambatan, dapat menggerakan qi, dan menciptakan lebih banyak aliran dalam hidup Anda.

Lokasi terbaik untuk meletakkan akuarium menurut feng shui

Anda dapat meluangkan waktu untuk menyusun peta feng shui (bagua) di rumah Anda. Setelah Anda memilih satu area untuk dikerjakan, Anda dapat menempatkan akuarium di sana untuk meningkatkan energi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com