Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

Kompas.com - 07/07/2021, 16:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi alat elektronik yang dibutuhkan di semua dapur karena fungsinya yang dapat mengawetkan bahan makanan.

Penggunaan kulkas setiap hari selama 24 jam membuat alat elektronik ini harus dirawat secara rutin, salah satunya membersihkan noda dan sisa makanan yang menumpuk, baik di permukaan luar maupun rak dan laci bagian dalam kulkas

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan dalam Menggunakan Kulkas Ini

Dilansir dari Better Homes & Garden, Rabu (7/7/2021) ketika perawatan tersebut diabaikan, akan menyebabkan kerusakan bahan makanan di dalam kulkas tersebut dan bisa mengeluarkan bau aneh setiap kali pintu kulkas dibuka.

Terkadang, pembersihan biasa tidak mampu mengatasi bau tak sedap ini. Ada beberapa bahan seperti baking soda atau soda kue, air, sabun cuci piring, dan kain kering untuk membantu membersihkan kulkas ini.

Berikut cara membersihkan kulkas secara menyeluruh, baik bagian dalam maupun luar. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Lengket di Dalam Kulkas

Cara membersihkan rak dan laci kulkas 

Pertama, lepaskan dan cuci rak kulkas, rak kawat, dan laci menggunakan air panas dan sabun cuci piring ringan. Biarkan komponen kaca memiliki suhu kamar sebelum dicuci dengan air panas. Sebab, jika tidak, rak mungkin retak.

Tutupi tumpahan makanan yang membandel dengan kain basah yang hangat selama beberapa menit untuk melunakkan tumpahan sebelum diangkat dengan penggosok non-abrasif.

Berikan perhatian khusus pada bagian bawah rak kawat yang merupakan tempat yang dapat menarik kotoran. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Meletakkan Kulkas

Cara membersihkan interior kulkas 

Untuk laci dan rak yang tidak dapat Anda lepaskan, bersama dengan sisi kompartemen internal, ambil soda kue dan sedikit air.

Bersihkan bagian dalam kulkas dengan campuran satu bagian soda kue dan tujuh bagian air. Waspadalah terhadap pembersih komersial karena aromanya dapat berpindah ke makanan.

Bersihkan bagian kulkas dari atas ke bawah untuk mencegah tetesan mendarat di permukaan yang sudah bersih. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Menjaga Kulkas Tetap Dingin

Gunakan sikat gigi khusus untuk membersihkan atau tusuk gigi untuk menjangkau celah yang tidak dapat dijangkau dengan kain seperti engsel dan perangkat keras lainnya. Keringkan semuanya dengan handuk bersih. 

Cara menghilangkan bau kulkas 

Kulkas dapat menumbuhkan lingkungan yang ideal untuk bau tak sedap. Untungnya, Anda dapat mengatasi bau pada kulkas tanpa menggunakan pembersih kimia yang keras.

Setelah membilas dan mengeringkan semua permukaan, hilangkan bau kulkas dengan mengisi wadah terbuka menggunakan baking soda kering dan meninggalkannya di rak paling bawah. Ini akan menyerap bau dari sisa-sisa makanan. 

Baca juga: Catat, Begini Cara Mengetahui Suhu Kulkas yang Benar

Setelah kulkas bersih dan tidak berbau, masukkan kembali semuanya. Sekarang juga saat yang tepat untuk merapikan dan mengatur kulkas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com