Kompas.com - 28/06/2021, 10:24 WIB
Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/MAKESTORY STUDIOIlustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas atau lemari es adalah salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang sangat penting di rumah.

Pada suhu yang tepat, alat ini dapat menjaga makanan tetap dingin dan aman untuk dimakan selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, dengan memperlambat pertumbuhan bakteri.

Dilansir dari Real Simple, Senin (28/6/2021), ketika suhu makanan mulai naik di atas titik tertentu, sekitar 4 derajat celcius, bakteri mulai berlipat ganda secara eksponensial. Tidak semua bakteri itu jahat, tetapi tidak semua bakteri itu baik juga.

Baca juga: 6 Kesalahan Meletakkan Makanan di Kulkas

Untuk kualitas makanan Anda dan untuk mengurangi risiko keracunan makanan, sebaiknya pastikan suhu kulkas sesuai dengan yang disarankan dan ikuti panduan perawatan lemari es yang baik.

Berapa suhu kulkas yang ideal?

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan suhu lemari es yang direkomendasikan adalah di bawah 4 derajat celcius, sementara uhu freezer yang ideal adalah di bawah minus 17 derajat celcius.

Namun, suhu lemari es yang ideal sebenarnya lebih rendah: Usahakan untuk tetap antara 1,7 sampai 3,3 derajat celcius. Kisaran suhu ini sedekat mungkin dengan titik beku tanpa terlalu dingin sehingga makanan Anda akan membeku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kisaran suhu ini juga sedekat suhu lemari es harus mencapai ambang 4 derajat celcius, di mana bakteri mulai berkembang biak dengan cepat.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas

Jika suhu kulkas terlalu tinggi, maka makanan Anda mungkin cepat rusak, dan Anda bisa menghadapi beberapa masalah perut karena bakteri seperti Salmonella dan E. coli.

Bagaimana cara mengukur suhu kulkas?

Anda dapat membeli termometer berdiri yang murah secara online atau di toko rumah mana pun. Tempatkan termometer di kulkas dan biarkan selama 20 menit.

Kemudian periksa bacaannya. Apakah Anda mendekati suhu lemari es yang ideal, atau bahkan yang direkomendasikan? Jika tidak, buka panel kontrol suhu lemari es Anda.

Sayangnya, tidak semua pengukur suhu lemari es akurat. Anda mungkin memiliki lemari es yang disetel ke 2,7 derajat celcius, tetapi sebenarnya menjaga suhu sekitar 0,5 derajat celcius atau bahkan 5 derajat celcius.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.