Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Begini Cara Mengetahui Suhu Kulkas yang Benar

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas atau lemari es adalah salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang sangat penting di rumah.

Pada suhu yang tepat, alat ini dapat menjaga makanan tetap dingin dan aman untuk dimakan selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, dengan memperlambat pertumbuhan bakteri.

Dilansir Real Simple, ketika suhu makanan mulai naik di atas titik tertentu, sekitar 4 derajat celcius, bakteri mulai berlipat ganda secara eksponensial. Tidak semua bakteri itu jahat, tetapi tidak semua bakteri itu baik juga.

Untuk kualitas makanan dan untuk mengurangi risiko keracunan makanan, sebaiknya pastikan suhu kulkas sesuai dengan yang disarankan dan ikuti panduan perawatan lemari es yang baik.

Berapa suhu kulkas yang ideal?

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan suhu lemari es yang direkomendasikan adalah di bawah 4 derajat celcius, sementara uhu freezer yang ideal adalah di bawah minus 17 derajat celcius.

Namun, suhu lemari es yang ideal sebenarnya lebih rendah: Usahakan untuk tetap antara 1,7 sampai 3,3 derajat celcius. Kisaran suhu ini sedekat mungkin dengan titik beku tanpa terlalu dingin sehingga makanan akan membeku.

Kisaran suhu ini juga sedekat suhu lemari es harus mencapai ambang 4 derajat celcius, di mana bakteri mulai berkembang biak dengan cepat.

Jika suhu kulkas terlalu tinggi, maka makanan Anda mungkin cepat rusak, dan Anda bisa menghadapi beberapa masalah perut karena bakteri seperti Salmonella dan E. coli.

Bagaimana cara mengukur suhu kulkas?

Anda dapat membeli termometer berdiri yang murah secara online atau di toko rumah mana pun. Tempatkan termometer di kulkas dan biarkan selama 20 menit.

Kemudian periksa bacaannya. Apakah Anda mendekati suhu kulkas yang ideal, atau bahkan yang direkomendasikan? Jika tidak, buka panel kontrol suhu kulkas. 

Sayangnya, tidak semua pengukur suhu lemari es akurat. Anda mungkin memiliki kulkas yang disetel ke 2,7 derajat celcius, tetapi sebenarnya menjaga suhu sekitar 0,5 derajat celcius atau bahkan 5 derajat celcius.

Tidak jarang suhu kulkas menjadi beberapa derajat lebih tinggi atau rendah dari tanda yang Anda tetapkan.

Terlebih lagi, beberapa kulkas tidak menampilkan suhu sama sekali. Ini memungkinkan Anda menyesuaikan suhu kulkas dan freezer pada skala 1 hingga 5, dengan 5 sebagai opsi terhangat.

Tanpa termometer, Anda tidak dapat mengetahui apa yang diterjemahkan oleh tonggak-tonggak itu dalam derajat nyata.

Setelah Anda memiliki termometer dan pembacaan, Anda dapat menyesuaikan suhu lemari es sesuai untuk menjaga suhu di zona aman antara 1,6 hingga 3,3 derajat celcius. Anda dapat melakukan hal yang sama di freezer, bertujuan untuk mendapatkan suhu sedekat mungkin dengan minus 17 derajat celcius.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/28/102427076/catat-begini-cara-mengetahui-suhu-kulkas-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke