Kompas.com - 27/06/2021, 20:45 WIB
Ilustrasi desain interior ruangan berwarna terakota yang memberi kesan hangat. SHUTTERSTOCK/JAFARAIlustrasi desain interior ruangan berwarna terakota yang memberi kesan hangat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mencari inspirasi dekorasi, warna selalu menjadi elemen yang baik untuk memulainya. Salah satu tren warna yang populer akhir-akhir ini adalah warna terakota.

Warna ini kerap disebut sebagai warna bumi atau earthy tone. Ya, warna ini diredam dan ditemukan di lanskap gurun, yang merupakan salah satu kekayaan bumi. 

Baca juga: Tren Dekorasi Kamar Bayi 2021, Warna Netral hingga Sentuhan Kuning

Warna earthy berbicara tentang nuansa redup yang menyatu dengan alam, menciptakan skema warna interior yang tenang dan membumi.

Warna terakota memberikan kontras yang menenangkan dan memelihara dengan sentuhan akhir metalik mengkilap.

Nah, bagi Anda yang berniat mengaplikasikan warna terakota dalam dekorasi rumah, berikut ini cara menerapkan warna terakota di rumah seperti dilansir dari laman Homes to Love, Minggu (27/6/2021). 

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Cat Interior

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantai terakota

Terakota mengambil alih desain interior dan telah datang jauh sejak tahun 70-an. Lantai terakota yang dulu berwarna merah mengkilap telah diganti dengan desain lantai terakota matte dan diredam dalam berbagai macam bentuk dan gaya, dari lantai hingga batu bata. 

Untuk memulainya, Anda bisa menerapkannya pada lantai rumah atau menggunakan batu bata di rumah. Warna terakota dapat menambah kehangatan ke ruangan mana pun di rumah, baik di dalam maupun ruangan luar. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati

Elemen dekorasi interior

Selain lantai, cara menerapkan warna terakota di rumah juga bisa melalui peralatan rumah tangga seperti satu set meja makan, vas bunga, perlengkapan lampu, peralatan rumah, dan seprai.

Warna terakota ini juga bisa diterapkan di kamar tidur dan akan memiliki efek melindungi. Apalagi warna ini sangat cocok diaplikasikan pada cuaca dingin ketika sebagian besar orang menghabiskan waktu di tempat tidur atau kasur. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menerapkan Warna Cat Gelap di Rumah

Sebagai warna eksterior

Warna terakota juga bisa diterapkan untuk rona warna di eksterior rumah. Tone yang berasal dari batu dan tanah ini sangat cocok untuk eksterior rumah.

Kuning keabu-abuan, burnt oranye, dan merah kecokelatan yang kaya memberikan berbagai macam warna aksen serta merupakan tambahan yang bagus untuk sebagian besar skema warna interior dan eksterior. 

Baca juga: 5 Warna Cat untuk Kamar Tidur Sempit agar Terasa Lebih Luas

Warna ini dapat menyatu baik dengan palet abu-abu dan mudah dimasukkan ke skema yang ada dalam banyak cara.

Untuk memulainya, cobalah mengecat pintu depan dengan warna yang hangat dan bersahaja, lalu tambahkan pot fitur kaca atau mencoba menambahkan kehangatan dengan aksesori dekorasi rumah yang bersahaja.

Selain itu, warna ini mudah ditambahkan ke skema interior apa pun sehingga menghubungkan kita dengan bumi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.