Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 26/08/2022, 10:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelulusan dari sekolah atau universitas merupakan sebuah kebahagiaan bagi lulusan dan keluarga. Oleh sebab itu, sebagai ungkapan selamat dan kebahagiaan, buket bunga lazim dijadikan hadiah saat kelulusan.

Kini pun semakin banyak buket bunga kelulusan yang ditambahkan boneka hingga permen dan cokelat.

Namun demikian, buket atau rangkaian bunga tetap menjadi pilihan klasik saat pesta kelulusan. Meskipun wisuda sempat dilaksanakan secara virtual akibat pandemi, namun kini sejumlah universitas kembali menyelenggarakan wisuda secara tatap muka. 

Baca juga: Selain Tanaman Bunga, Ini 5 Tanaman Pohon Beraroma Harum

Nah, apa saja bunga makna kelulusan dan cocok diberikan sebagai buket bunga wisuda kepada keluarga atau teman Anda yang baru saja lulus sekolah atau kuliah? Dilansir dari berbagai sumber dan diperbarui pada Jumat (26/8/2022), berikut beberapa di antaranya.

Ilustrasi bunga mawar yang diberikan saat wisuda. PIXABAY/AKBAR NEMATI Ilustrasi bunga mawar yang diberikan saat wisuda.

1. Mawar

Mawar telah menjadi simbol berbagai hal selama ribuan tahun. Di Roma kuno, orang menggunakan mawar sebagai confetti selama perayaan dan sebagai sumber parfum.

Selama abad ke-17, mawar sangat berharga sehingga bangsawan menggunakannya sebagai alat pembayaran yang sah.

Mawar adalah bunga ikonik dan simbol cinta, keindahan, dan romansa. Meskipun orang sering memberikan mawar merah kepada orang penting, teman dan anggota keluarga juga dapat memberikan mawar kepada lulusan untuk menunjukkan kasih sayang dan kekaguman.

Baca juga: 7 Bunga yang Memakai Nama dari Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

Jika Anda tidak yakin jenis bunga apa untuk diberikan saat kelulusan, Anda selalu bisa memilih mawar. Berbagai warna mawar membawa makna yang unik.

Pertimbangkan apa yang ingin Anda katakan kepada lulusan dan bagaimana bunga mawar dapat menyampaikan pesan dengan cinta. Berikut adalah warna mawar yang berbeda dan artinya yang sesuai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com