Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Media Tanam untuk Menanam Bunga Anggrek dalam Pot

Kompas.com - 16/08/2022, 10:06 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media tanam untuk menanam bunga anggrek dalam pot cukup beragam. Media tanam ini menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menanam bunga anggrek.

Fungsi media tanam yaitu sebagai tempat tumbuh, menyimpan nutrisi, dan menyimpan air untuk tanaman. Meskipun banyak, namun tidak semua media tanam bisa digunakan.

Hanya media tanam yang baik dan memenuhi persyaratan yang bisa digunakan untuk menanam bunga anggrek. Berikut beberapa syarat media tanam untuk tanaman anggrek.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Repotting Tanaman Anggrek

Ilustrasi merawat tanaman anggrek, mengganti pot tanaman bunga anggrek. SHUTTERSTOCK/MARIIA BOIKO Ilustrasi merawat tanaman anggrek, mengganti pot tanaman bunga anggrek.

  1. Tidak mudah lapuk.
  2. Bukan sumber inokulum atau penyakit.
  3. Memiliki aerasi yang baik.
  4. Sifat drainase baik.
  5. Bisa mengikat air dan unsur hara dengan optimal.
  6. Mudah diperoleh dan harganya terjangkau.
  7. Memiliki pH sekitar 5-6.

Lalu, media tanam seperti apa yang cocok untuk menanam bunga anggrek dalam pot? Mengutip dari penjelasan di buku Petunjuk Praktis Merawat Anggrek karya Ir. Hadi Iswanto, Selasa (16/8/2022), berikut daftarnya.

1. Pakis

Media tanam untuk menanam bunga anggrek dalam pot yang pertama yaitu pakis. Media tanam ini memiliki sifat sulit malapuk, daya ikat air baik, dan kemampuan aerasi serta drainase cukup baik.

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Aturan Menyiram Bunga Anggrek

Untuk menanam bunga anggrek, sebaiknya gunakan pakis berwarna hitam dan berbentuk kotak. Jangan gunakan pakis yang potongannya terlalu halus karena bisa meningkatkan kelembapan dan menyebabkan penyakit busuk akar.

Jika memiliki media pakis yang tidak digunakan, maka simpanlah dengan cara digantung atau dikering anginkan. Tujuannya agar media terhindar dari hama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com