Kompas.com - 25/06/2021, 10:05 WIB
Ilustrasi ikan cupang di akuarium. SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPAIlustrasi ikan cupang di akuarium.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna yang beraneka ragam menjadi salah satu daya tarik dari ikan cupang. Selain itu, ikan cupang memiliki daya tahan yang cukup kuat, dan perawatan yang mudah menjadikan ikan cupang ini pilihan yang baik bagi pemula.

Akan tetapi, meskipun ikan cupang terlihat mudah dirawat dan baik-baik saja tanpa makanan hingga dua minggu lamanya, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (25/6/2021), ikan cupang dapat tidak bahagia dan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Sama halnya seperti manusia, ikan cupang pun akan menunjukkan tanda-tanda jika mereka sedang dalam keadaan tidak senang, mulai dari warna yang lebih pudar, gerakan yang tiba-tiba, lesu, nafsu makan buruk, dan sirip yang menguncup.

Baca juga: Berapa Lama Ikan Cupang Bertahan Tanpa Makanan?

Tanda-tanda lainnya termasuk muncul di permukaan air, kecenderungan bersembunyi, dan ketidakpedulian terhadap sesuatu.

Stres atau suasana hati yang tidak bahagia terjadi pada cupang saat mereka mengalami pelepasan adrenalin dan kortisol ke dalam sistem mereka.

Berikut beberapa tanda jika ikan cupang sedang stres atau tidak bahagia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Hilangnya warna

Tanda yang bisa dilihat jika ikan cupang tidak bahagia adalah warnanya yang memudar, atau tampak kusam. Perhatikan warna ikan cupang sebelumnya, apakah warna saat ini lebih memudar daripada biasanya atau tidak.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Tidak Boleh Dipelihara di Wadah Kecil? Ini Sebabnya

Ikan cupang betina akan menunjukkan garis-garis ini lebih jelas daripada ikan cupang jantan. Kehilangan warna sebenarnya dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang berbeda, tetapi garis-garis ini biasanya hanya menunjukkan satu hal, dan itu adalah stres.

2. Sirip ikan cupang menguncup

Bayangkan seekor cupang yang bergerak. Apa yang Anda ketahui tentang siripnya? Organ-organ ini biasanya dipegang terbuka alih-alih ditarik kencang.

Ikan cupang suka membiarkan semua siripnya mengepul di air dan kemudian terlipat dengan baik. Namun, kondisi sirip ikan cupang yang sedang tidak bahagia akan terlihat lebih menguncup.

3. Nafsu makan menurun

Perubahan atmosfer, metabolisme yang lambat, atau penyakit tertentu adalah penyebab paling umum, dan seringkali, cupang berhenti makan jika salah satu dari situasi ini terjadi.

 

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.