Kompas.com - 23/06/2021, 11:18 WIB
Ilustrasi ikan cupang di akuarium. SHUTTERSTOCK/BANNOKSTOCKPHOTOIlustrasi ikan cupang di akuarium.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki warna yang beragam dan cantik, membuat ikan cupang menjadi salah satu hewan peliharaan favorit. Selain itu, perawatan yang mudah juga menjadi keuntungan memelihara ikan cupang.

Bahkan dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021), ikan cupang dewasa yang sehat dapat bertahan tanpa makanan hingga dua minggu.

Namun, hal ini tidak disarankan karena setelah sekitar lima hingga enam hari ikan cupang mulai memanfaatkan cadangannya dan dapat memasuki fase kelaparan.

 

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Tidak Boleh Dipelihara di Wadah Kecil? Ini Sebabnya

Kemudian, kelaparan ini dapat meningkatkan tingkat stres dan dapat menyebabkan kegagalan organ dan kontraksi penyakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda akan berlibur selama dua hingga empat hari, ikan cupang masih bisa bertahan. Bahkan ada beberapa pemilik yang membiarkan ikan cupang tidak makan selama dua minggu, namun hal tersebut tidak disarankan karena hal ini tergantung dari usia, kesehatan, metabolisme, dan lingkungannya.

Jumlah maksimum ikan cupang bertahan tanpa makanan adalah sekitar 4-7 hari.

Tergantung suhu air

Ikan merupakan hewan berdarah dingin. Metabolisme mereka dan kebutuhan nutrisi sebagian didasarkan pada lingkungan mereka.

Baca juga: Mengapa Ikan Cupang Suka Bertarung?

Sebagai aturan umum, ikan yang dipelihara di air yang lebih hangat membutuhkan makan lebih sering daripada ikan yang disimpan di air yang lebih dingin.

Misalnya ikan koi yang dipelihara di kolam hangat di musim panas diberi makan secara teratur, sementara di suhu yang lebih dingin, metabolisme mereka melambat hingga mereka bisa bertahan lama tanpa makanan.

Sementara itu, ikan cupang adalah ikan tropis dan tidak akan pernah bisa bertahan hidup di air yang sangat dingin. Mereka membutuhkan makan secara teratur dan tidak pernah bertahan untuk waktu yang sangat lama tanpa makanan.

 

Halaman:
Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X