Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Ruang Keluarga Terbaik Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 25/06/2021, 08:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga adalah tempat yang tepat untuk bersantai, menikmati diri sendiri, dan menciptakan kenangan bersama keluarga. Ruang keluarga juga merupakan tempat di mana Anda menghabiskan banyak waktu di rumah.

Jadi, penting untuk mendesain dan mendekorasi ruang keluarga dengan cara yang Anda sukai. Baik Anda memilih warna cerah atau karya seni yang indah, ruang keluarga harus mencerminkan kepribadian Anda.

Dikutip dari Good Housekeeping UK, Jumat (25/6/2021), berikut ini beberapa ide dekorasi ruang keluarga terbaik menurut para desainer interior yang juga dapat Anda aplikasikan di rumah.

Baca juga: 5 Desain Sederhana yang Bisa Percantik Ruang Keluarga

1. Sofa

Sebagai salah satu bagian terbesar di ruang keluarga, memilih sofa yang tepat sangat penting untuk membuat ruang Anda terlihat bagus.

Lalu, bagaimana dengan sofa di ruang keluarga sempit? Menurut direktur rumah dan kebun Good Housekeeping Carolyn Bailey, dirinya lebih menyukai sofa yang ringkas.

Bailey memberi contoh adalah sofa dengan tampilan klasik abad pertengahan yang rapi, serta lengan sofa yang ramping.

2. Warna cat dinding dan wallpaper

Tidak yakin apa warna untuk mengecat dinding ruang keluarga Anda? Pikirkan tentang warna yang Anda sukai dan ingin Anda lihat setiap hari.

Baca juga: Jangan Lupa Bersihkan 8 Benda di Ruang Keluarga Ini

"Jika Anda menciptakan ruang untuk bersantai, Anda pasti ingin menambahkan sedikit sesuatu yang Anda sukai," kata Natasha Bradley, desainer interior dan pakar warna di LICK Home.

"Apakah itu hijau lembut atau merah muda berdebu, pilih sesuatu yang membuat Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di dalamnya," imbuhnya.

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang lebih berani, pilih wallpaper di ruang keluarga Anda. Menurut Elizebth Ockford, seorang desainer wallpaper, wallpaper adalah cara ideal untuk menciptakan gaya, efek, dan karakter.

"Ruang keluarga kontemporer yang mencolok dapat dibuat menggunakan sapuan warna dramatis di dinding, sementara warna gelap yang kuat sering digunakan di interior yang apik. Atau, warna yang kuat dengan detail kecil dapat digunakan untuk menciptakan drama di ruang yang lebih kecil, serta ruang keluarga yang indah dan segar dapat dibuat dengan menggunakan latar belakang pucat," papar Ockford.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com