Kompas.com - 22/06/2021, 13:27 WIB
Ilustrasi tanaman nanas Unsplash/Claudio Schwarz | @purzlbaumIlustrasi tanaman nanas

Ilustrasi nanas matang, warnanya kuning pekat. SHUTTERSTOCK/5 SECOND STUDIO Ilustrasi nanas matang, warnanya kuning pekat.
JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin jarang mendengkur, sementara sebagian lainnya sering mendengkur tanpa henti setiap malam. Bahkan, suara mendengkur bisa sangat keras didengar sampai ke kamar sebelah.

Mendengar suara mendengkur, bahkan tidur di sebelah orang mendengkur, tentu rasanya tidak enak dan sangat mengganggu sehingga membuat kurang tidur, bahkan sulit tidur. 

Baca juga: Tips Menghadirkan Suasana Pantai di Kamar Tidur

Selain karena kelelahan, mendengkur bisa juga menandakan masalah kesehatan serius seperti gangguan dan penyakit jantung serta stroke

Dolansir dari laman The Sun, Selasa (22/6/2021), mendengkur terkadang bisa menjadi tanda apnea tidur obstruktif atau obstructive sleep apnoea.

Kondisi ini menunjukkan saluran udara seseorang berulang kali tersumbat, baik sebagian maupun seluruhnya, selama sekitar 10 detik sepanjang malam. 

Baca juga: Cara Membasmi Hama Kutu Putih pada Tanaman Tanpa Menggunakan Racun

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sleep apnea meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, serangan jantung, dan detak jantung yang tidak teratur. Tak hanya itu, mendengkur juga dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia atau pikun pada kemudian hari.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Untuk mengatasi kebiasaan mendengkur tak lagi harus menggunakan alat anti-ngorok atau dengkur yang digunakan di hidung, yang sangat mengganggu. 

Baca juga: Manfaat Menggunakan Jendela Besar di Kamar Tidur

Mengatasi mendengkur saat ini dapat diatasi dengan cara sederhana. Para ilmuan NASA berhasil menemukan cara sederhana menghentikan kebiasaan mendengkur, yakni menggunakan tanaman Ananas comosus atau dikenal tanaman nanas.

Menurut para ilmuwan, tanaman permata kecil yang cantik ini bisa meningkatkan kualitas udara saat tidur, yang pada gilirannya membuka saluran udara.

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Lavender agar Cepat Berbunga

NASA mengklaim tanaman nanas menghasilkan oksigen dan meningkatkan kualitas udara pada malam hari yang dapat membantu memperoleh tidur lebih baik dan tenang serta mengurangi dengkuran.

Tumbuh di Belanda, tanaman ini membutuhkan waktu antara 21 sampai 24 bulan untuk menumbuhkan dan mengembangkan nanas mini yang ada di atasnya. 

Baca juga: 4 Tips Menata Tanaman di Balkon agar Tampak Cantik dan Rapi

Melalui kesederhanaannya, tanaman nanas dapat meningkatkan kualitas udara dengan mengeluarkan oksigen.

Hal itu dapat membantu 45 persen orang Inggris yang mendengkur mendapatkan istirahat malam yang lebih baik, termasuk juga pasangan mereka atau anggota keluarga lainnya. 

Untuk mencobanya, Anda bisa meletakkan tanaman nanas di kamar tidur atau ke dalam ruangan di rumah. 



Sumber The Sun
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X