Kompas.com - 19/06/2021, 14:42 WIB
Mencuci lebih sedikit pakaian membuat kita lebih mudah mencegahnya kusut, sehingga menghemat waktu menyetrika. SHUTTERSTOCK/KANCHANA PMencuci lebih sedikit pakaian membuat kita lebih mudah mencegahnya kusut, sehingga menghemat waktu menyetrika.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci adalah barang elektronik penyelamat. Bila digunakan dengan benar, mesin cuci tidak hanya membersihkan pakaian kesayanganmu, tapi juga dapat membuat pakaianmu terlihat segar dan baru.

Namun, jika mesin cuci tidak digunakan dengan benar, kamu dapat membuat banyak masalah pencucian yang mungkin tak disadari.

Dari terlalu banyak deterjen hingga muatan yang terlalu besar, ada berbagai kesalahan yang tidak disadari seseorang yang bisa berakibat buruk untuk mesin cuci.

Baca juga: 8 Masalah pada Mesin Cuci yang Sering Tidak Diperhatikan

Dilansir dari beberapa, Sabtu (19/6/2021), berikut ini 8 kesalahan umum yang mungkin kamu lakukan dengan mesin cuci dan apa yang harus dilakukan.

1. Menumpuk pakaian kotor di dalam mesin cuci

Bagi orang-orang yang tidak memiliki keranjang pakaian kotor, biasanya mereka kerap menumpuk pakaian kotor langsung ke dalam mesin cuci.

Padahal, pakaian kotor yang didiamkan di dalam mesin cuci terlalu lama bukan hanya tidak sehat, tapi juga merusak tujuan untuk mencucinya dan membuat bau dalaman mesin cuci akibat lem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Tidak menuang deterjen dengan tepat

Jika kamu berpikir bahwa memberi banyak detergen akan membuat pakaianmu lebih bersih, maka inilah saatnya untuk berpikir lagi.

Baca juga: 5 Bahan Pakaian yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Pengering Mesin Cuci

Menambahkan terlalu banyak detergen akan mempersulitmu untuk membilas sabun dari pakaianmu.

Sebaliknya, terlalu sedikit detergen mungkin tidak menghilangkan kotoran dan noda dari pakaianmu.

Bersihkan pakaianmu dan lihat buku petunjuk manual mesin cucimu untuk mengetahui rekomendasi deterjen spesifik.

Periksa juga label kemasan detergen yang kamu gunakan untuk mengetahui jumlah pasti detergen yang disarankan saat mencuci pakaian di mesin cuci.

3. Cenderung menggunakan deterjen biasa

Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci tidak sama seperti mencuci dengan tangan. Ini juga termasuk dengan penggunaan deterjen. 

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X