Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Pakaian yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Pengering Mesin Cuci

Kompas.com - 13/06/2021, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mempermudah dan mempercepat waktu mencuci pakaian, biasanya orang menggunakan mesin pengering.

Sayangnya, penggunaan mesin pengering sering kali meninggalkan sejumlah konsekuensi besar pada beberapa pakaian seperti pakaian menjadi melar atau susut, bahkan rusak. 

Baca juga: Bolehkah Mesin Cuci Diletakkan di Dalam Kamar Mandi?

Ada beberapa material baju yang tidak dianjurkan dimasukkan ke pengering mesin cuci lantaran dapat menyebabkan kerusakan. 

Nah, berikut ini lima bahan pakaian yang tidak boleh dimasukkan ke mesin pengering seperti dilansir dari laman Family Handyman, Minggu (13/6/2021).

Spandeks

Jika pernah membeli legging spandeks atau celana yoga, Anda tentu tahu bahwa harganya bisa sangat mahal. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Mesin Cuci Satu Tabung

Memasukkan pakaian berbahan spandeks tidak akan merusak mesin cuci, tapi kemungkinan besar membuat pakaian menyusut sedikit. Karena itu, sebaiknya mengeringkannya secara alami menggunakan udara. 

Suede

Menurut Jsonline.com, beberapa kulit imitasi seperti suede sebenarnya bisa dicuci, tapi tidak boleh dimasukkan ke mesin pengering. 

Baca juga: Ketahui, Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci

“Panas melelehkan plastik, merusak pakaian, dan mungkin mesin pengering. Ini juga berlaku untuk tidak menyetrikannya.”

Cara terbaik mengeringkan pakaian suede adalah menganginkannya di udara.

Lace

Lace adalah kain halus lainnya yang tidak boleh dimasukkan ke mesin pengering. Faktanya, menurut Thelaundress.com, Anda harus benar-benar menghindarinya dari mesin pengering. 

Baca juga: Tips Membersihkan Mesin Cuci Bukan Depan

Sebagai gantinya, jemur pakaian lace secara rata untuk mengeringkannya sehingga tidak kehilangan bentuk alaminya atau merusak kainnya.

Sutra

Bahan pakaian yang tidak boleh dimasukkan ke mesin cuci selanjutnya adalah sutra. Alih-alih membuat pakaian sutra menjadi lebih halus, memasukkan ke mesin pengering justru dapat merusaknya. 

Baca juga: 11 Kebiasaan yang Membuat Mesin Cuci Cepat Rusak

Sebaiknya, menjemur pakaian sutra secara rata hingga mengering di atas handuk, lalu menggulungnya untuk memeras kelebihan air. Setelah itu, ulangi proses ini dengan handuk kedua.

Pakaian berpayet

Selain keempat bahan pakaian di atas, pakaian berpayet juga tak boleh dikeringkan memakai mesin pengering pada mesin cuci. Hal ini tidak hanya merusak pakaian dan payet, tapi juga mesin pengering. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tabung Mesin Cuci Tanpa Perlu Dibongkar

Untuk itu, temukan cara lain mengeringkan pakaian berpayet. Misalnya, menggantung pakaian berpayet dan membiarkannya mengering secara alami oleh udara. Bisa pula meletakkan di atas handuk untuk mengeluarkan air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com