Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Kecil Menjadi Lebih Luas dan Terang

Kompas.com - 15/06/2021, 17:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu yang memiliki luasan yang terbatas menjadi sebuah tantangan dalam mendekorasinya. Dekorasi dan tata letak yang tidak tepat akan membuat ruangan terasa lebih sempit dan sesak.

Untuk itu, memanfaatkan setiap sudut serta celah di dalam ruangan terbatas merupakan hal yang perlu dilakukan dalam mendekorasi ruang tamu kecil tersebut.

Namun, dilansir dari Real Simple, Selasa (15/6/2021), dengan luasan persegi yang kecil terutama untuk penghuni apartemen, dekorasi ruang tamu kecil adalah tentang keseimbangan antara bentuk dan fungsi.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Berikut beberapa tips untuk mendekorasi ruang tamu sempit.

1. Cermin

Seperti yang diketahui, jika cermin memiliki fungsi untuk memantulkan semua jenis cahaya di dalam ruangan, sehingga dapat memberikan kesan terang serta lapang di dalam ruangan sempit.

Untuk itu, cara paling mudah agar ruang tamu kecil ini tampak lebih besar, letakkan cermin di dinding pada beberapa sudut di dalam ruang tamu kecil.

2. Furnitur serbaguna

Ketika memilih furnitur ruang tamu kecil, kepraktisan adalah kuncinya. Sederhananya, Anda tidak memiliki cukup ruang untuk meja kopi, meja samping, dan banyak tempat penyimpanan.

 

Baca juga: 5 Tips Dekor Ruang Tamu Sempit Jadi Aesthetic

Dengan meja kopi yang memiliki penyimpanan internal, dekorasi ruang tamu kecil ini dapat berfungsi ganda.

3. Furnitur melayang

Memiliki rak di dalam ruang tamu yang kecil membuat ruangan semakin sesak dan sempit. Namun, jika Anda ingin tetap meletakkannya di dalam ruangan, pilih rak furnitur apung agar memberikan ruang lebih di permukaan lantai.

4. Furnitur kecil

Berbeda pada ruangan yang besar, furnitur yang diletakkan di dalam ruang tamu kecil harus memiliki dimensi yang kecil juga, sehingga tidak memakan ruang yang banyak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com