Kompas.com - 14/06/2021, 12:45 WIB
Ilustrasi kucing minum susu. PIXABAY/CHRISTOPHERPLUTAIlustrasi kucing minum susu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Susu beruang merupakan salah satu jenis minuman susu sapi steril yang memiliki banyak manfaat, dari vitamin A, B1, B2, kalsium, magnesium, fosfor, hingga masih banyak lagi.

Susu beruang memberikan berbagai manfaat kesehatan dan melawan penyakit bagi manusia. Namun, selain manusia, susu beruang ternyata juga boleh diberikan kepada kucing

Baca juga: Simak, Cara Memberi Makan Anak Kucing

Padahal, sebenarnya kucing tidak boleh diberikan susu sapi lantaran tidak dapat mencerna laktosa dengan baik. Namun, karena susu beruang adalah susu sapi steril, maka susu ini boleh dan sangat baik untuk kucing.

Dikutip dari kanal YouTube Puspusmiaw, Senin (14/6/2021), setidaknya ada enam manfaat  susu beruang untuk kucing. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing di Halaman Rumah

Meningkatkan sistem imun kucing

Manfaat susu beruang untuk kucing yang pertama adalah meningkatkan sistem imunitas. Susu beruang mengandung antioksidan tinggi yang dapat membentuk sistem imun yang kuat sehingga kucing tidak gampang sakit atau tertular penyakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, ketika kucing sedang terinfeksi bakteri, bisa cepat sembuh dengan diberikan susu beruang. 

Baca juga: Panduan Mengetahui Perbandingan Umur Kucing dan Manusia

Menambah energi 

Di dalam susu beruang, terdapat mineral dan vitamin yang sangat tinggi untuk kucing. Saat diberikan susu beruang, kucing yang lemas atau sakit bisa berangsur membaik serta beraktivitas seperti biasa lagi. 

Memperbaiki kesehatan tulang

Manfaat susu beruang untuk kucing dapat menjaga kesehatan tulang kucing, terlebih saat mengalami retak tulang, osteoporosis (keropos tulang), maupun patah tulang. 

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Umurnya Paling Pendek, Persia hingga Sphynx

Apabila kucing peliharaan mengalami patah tulang atau tulang keropos, beri susu beruang agar bisa mempercepat proses penyembuhannya.

Menambah nutrisi 

Nutrisi yang dibutuhkan kucing tidak hanya sekadar asupan yang berasal dari makanan kucing. Susu beruang memiliki banyak vitamin dan nutrisi lain yang bisa menambah hingga melengkapi asupan nutrisi kucing.  

Baca juga: Beragam Alasan Induk Kucing Sering Memindahkan Anaknya yang Baru Lahir

Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat susu beruang untuk kucing selanjutnya adalah membuat kucing lebih rileks dan nyaman sehingga memperoleh tidur yang nyenyak. Dengan tidur nyenyak, kucing pun akan bangun dengan energi maksimal serta penuh semangat. 

Menambah nafsu makan 

Apabila kucing merasa lemas dan tidak nafsu makan, berikan susu beruang. Susu beruang mampu mengembalikan nafsu makan kucing.  

Baca juga: 8 Tips agar Lebih Disukai Kucing

Susu beruang juga bisa dikombinasikan dengan air kelapa guna menambah stamina juga nafsu makan. Kombinasi ini juga bisa diberikan saat kucing keracunan atau muntah-muntah supaya racun di dalam perutnya ternetralisir.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X