Kompas.com - 14/06/2021, 11:38 WIB
Ilustrasi anak kucing. UNSPLASH/JEFRREY BUCHBINDERIlustrasi anak kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan bayi manusia, anak kucing juga memerlukan makanan untuk tumbuh dengan baik. Jenis makanan yang dikonsumi pun memengaruhi tumbuh kembang anak kucing tersebut.

Dilansir dari Daily Paws, Senin (14/6/2021), agar anak kucing tetap penuh energi, Anda harus memberinya makanan yang tepat. Setelah dia disapih dari ibunya, biasanya pada enam hingga delapan minggu, ia siap untuk makan sendiri.

Namun, yang harus diperhatikan adalah hindari memberikan anak kucing susu, karena akan mengganggu pencernaannya. Akan tetapi, Anda bisa memilih makanan yang diformulasikan untuk anak kucing.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing di Halaman Rumah

Berapa kali harus memberi makan anak kucing?

Jika anak kucing diberi makan oleh induknya, induk kucing akan mengurus sendiri untuk menyapih anak kucing dari susunya biasanya sekitar 4 minggu. Jangka waktu yang sama berlaku untuk anak kucing yang diberi susu botol.

Mulailah memperkenalkan makanan kucing yang dibuat khusus ke dalam makanan mereka dengan mencampurkan sedikit makanan kucing basah dengan susu pengganti untuk membuat campuran bubur.

Selama proses penyapihan, anak kucing masih perlu diberi susu botol karena kecil kemungkinan mereka mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dari sedikit bubur khusus yang mereka makan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepanjang minggu kelima, masukkan lebih sedikit susu formula ke dalam bubur dan mulailah memperkenalkan makanan kucing kering, bersama dengan semangkuk air.

Baca juga: Panduan Mengetahui Perbandingan Umur Kucing dan Manusia

Selama dua minggu berikutnya, secara bertahap tingkatkan jumlah makanan kucing saat Anda mengurangi penggantian susu dalam campuran.

Pada saat anak kucing berusia 8 minggu, mereka harus sepenuhnya dialihkan ke makanan kucing padat. Ini juga merupakan titik ketika dokter hewan merekomendasikan anak kucing untuk memulai jadwal vaksinasi mereka.

Setelah anak kucing berusia 2 bulan, mereka harus diberi makan dua kali sehari dengan makanan kucing biasa.

Setelah tahun pertama mereka, biasanya tidak apa-apa untuk beralih ke makanan kucing dewasa, meskipun Anda ingin berkonsultasi dengan dokter hewan Anda.

Halaman:


Sumber Daily Paws
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X