Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2021, 20:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya terjadi pada manusia, bersin juga dapat dialami oleh hewan peliharaan seperti kucing.

Bersin sesekali pada kucing adalah hal yang normal, karena sama halnya seperti manusia bersin pada kucing adalah pelepasan eksplosif udara melalui hidung dan mulut dan seringkali merupakan respons tubuh terhadap iritasi di saluran hidung.

Namun, seperti yang dilansir dari Web MD, Kamis (10/6/2021), jika bersin kucing Anda tidak hilang, atau jika gejala lain muncul bersamaan dengan bersin, Anda mungkin perlu memeriksakan diri ke dokter hewan untuk melihat apakah pengobatan diperlukan.

Baca juga: Kenali Ini Fase Pemberian Makan pada Anak Kucing yang Baru Lahir

 

Berikut beberapa penyebab kucing bersin.

1. Virus 

Jika kucing sering bersin, dokter hewan mungkin awalnya mencurigai penyebabnya berdasarkan tinjauan gejala kucing Anda.

Salah satu penyebab utama bersin adalah infeksi. Dalam beberapa kasus, dokter hewan mungkin melakukan uji usap atau swab dari mulut, tenggorokan, mata, atau hidung dan mengirimkannya ke laboratorium untuk memastikan adanya infeksi. Iritasi atau alergen yang dihirup adalah penyebab umum bersin pada kucing.

Selain itu, jika Anda memiliki kucing yang bersin, kemungkinan besar kucing tersebut mengalami infeksi saluran pernapasan atas.

Baca juga: 5 Fakta Kucing Pallas, Hewan Berbulu dengan Ekspresi Menggemaskan

Mirip dengan pilek pada manusia, infeksi ini lebih sering terjadi pada kucing muda, terutama pada kucing yang berasal dari tempat penampungan hewan. Banyak dari infeksi ini dapat dicegah dengan vaksinasi dini dan lengkap.

Namun, di samping hal tersebut, ada penyebab infeksi virus yang paling sering menyebabkan bersin pada kucing seperti berikut. 

  • Virus herpes kucing: Kucing tertular herpes dari paparan kucing lain yang terinfeksi. Stres dapat menyebabkan kekambuhan serta penularan ke kucing lain. Pengobatan ditujukan untuk mengendalikan gejala. Virus herpes kucing tidak menular ke manusia.
  • Calicivirus kucing: Virus ini sangat menular antar kucing. Bisul mulut adalah masalah yang paling umum, tetapi dapat mempengaruhi saluran pernapasan dan bahkan menyebabkan pneumonia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com