Kompas.com - 13/06/2021, 20:45 WIB
Ilustrasi panci. SHUTTERSTOCK/ERSLER DMITRYIlustrasi panci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur yang luas dan banyak tempat penyimpanan tentu memudahkan dalam menata dan menyimpan sejumlah barang-barang atau peralatan dapur.

Namun nyatanya, ruang penyimpanan yang cukup tidak selalu memudahkan penataan. Panci dan wajan, misalnya. 

Baca juga: 7 Benda Dapur yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Meski sudah disimpan di lemari atau rak dapur, nyatanya peralatan memasak ini masih saja sering keluar dan lupa dimasukkan kembali sehabis memasak.

Demi mencegah panci dan wajan berantakan, berikut beberapa cara menyimpan panci dan wajan agar tampak tertata dan rapi dilansir dari laman Apartment Therapy, Minggu (13/6/2021). 

Baca juga: Ingin Dapur Selalu Bersih? Lakukan 6 Hal Ini Secara Rutin

Gantung di dinding

Jika memiliki dinding di dapur tanpa lemari atau rak, pertimbangkan membuat satu dan dua pengait untuk menggantung peralatan masak seperti panci dan wajan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisa pula memasang besi panjang, lalu sangkutkan ke paku dan pasang pengait secara berjarak di permukaan besi tersebut. Kemudian, gantung panci dan wajan. Penataan ini dapat membuat panci dan wajan terlihat tertata serta estetik. 

Baca juga: Jangan Keliru, Begini Cara Tepat Mencuci Wajan Granit

Gantung di jendela

Namun, bila tak ada ruang di dinding, bisa menggunakan jendela dapur untuk menggantung beberapa panci dan wajan di jendela tanpa menghalangi terlalu banyak cahaya yang masuk ke dapur. 

 

Tumpuk dan simpan tutupnya secara terpisah

Menyimpan panci dan wajan terkadang menjadi masalah saat meletakkannya bersama tutupnya. Tutup panci sering memakan tempat serta menyulitkan penyimpanan ketika hendak menumpuk panci dan wajan.

Baca juga: Cara Membersihkan Saluran Wastafel Dapur yang Bau 

Sebagai solusi, mengubah bagian dalam pintu lemari menjadi tempat penyimpanan tutup panci. Pasang beberapa pengait di sana untuk menggantung tutup panci.

Rak penyimpanan vertikal

Selain lemari atau rak dapur, kini tersedia rak vertikal untuk menyimpan panci dan wajan. Rak ini memiliki desain yang cantik dan penuh gaya serta tidak memakan banyak ruang. Anda bisa menata serta menyimpan panci dan wajan secara susun atau vertikal. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Panci Gosong Menggunakan Bahan Alami

Menumpuk rapi di lemari

Anda memiliki ruang penyimpanan seperti lemari dapur, tetapi tidak mempunyai keterampilan organisasi atau penataan untuk menjaga panci dan wajan tetap rapi.

Cobalah memanfaatkan ruang penyimpanan itu. Tumpuk panci dan wajan secara rapi juga tertata. Begitu sehabis digunakan dan dicuci tumpuk kembali panci dan wajan secara rapi. Hal ini juga membantu Anda tetap displin menyimpan panci dan wajan. 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X