Kompas.com - 13/06/2021, 17:17 WIB
Ilustrasi kamar mandi kecil Unsplash/House MethodIlustrasi kamar mandi kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Menata barang-barang di kamar mandi kecil agar terlihat estetis dan rapi tidak selalu mudah serta memerlukan banyak tantangan.

Keterbatasan lahan dan minimnya ruang penyimpanan di kamar mandi kerap menjadi penyebab kesulitan menata barang di kamar mandi kecil atau sempit. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menyegarkan Tampilan Kamar Mandi Tanpa Renovasi

Akibatnya, sejumlah barang dan perlengkapan mandi di kamar mandi terlihat tidak beraturan.

Alexandra Gater, blogger sekaligus YouTuber yang kerap membahas tentang rumah, mengatakan, untuk mencegah kekacauan barang-barang di kamar mandi, ia menuangkan produk mandi berbahan cair yang terdapat dalam kemasan plastik ke dalam wadah atau botol kaca.

Menurut Gater, menuangkan produk mandi ke botol kaca tidak hanya mencegah kekacauan yang tidak enak dipandang, tetapi juga menciptakan tampilan yang kohesif dan estetika, terutama di ruang yang lebih kecil. 

Baca juga: 5 Hal Sederhana yang Dapat Dilakukan agar Kamar Mandi Selalu Bersih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sungguh menakjubkan betapa semuanya terlihat lebih terorganisir saat Anda mengeluarkan barang dari kemasan aslinya dan menempatkannya di botol kaca yang kohesif,” katanya dilansir dari laman Apartment therapy, Minggu (13/5/2021).

Untuk menatanya, Anda dapat memulainya dengan perlengkapan mandi yang penting terlebih dulu seperti sabun, pelembap, juga pencuci muka. 

Baca juga: Gampang, Ini Trik Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Lebih Luas

Isi setiap produk ke dalam botol kaca, lalu simpan botol asli produk ke lemari sampai saatnya diisi ulang. “Ini adalah perubahan sederhana yang akan mengubah rak terbuka yang berantakan menjadi apotek mini yang menarik secara visual,” kata Gater.

Demi memudahkan pencarian dan penggunaan, tempelkan label pada setiap botol kaca. Begitu pun, untuk mempertahankan keteraturan dan membuat kamar mandi tetap rapi, biasakan memindahkan produk segera setelah Anda membeli sebotol produk baru. 

Baca juga: 5 Tanaman untuk Pewangi Kamar Mandi

Selain itu, letakkan botol kaca ke tempat semula sehabis digunakan. Penataan di kamar mandi ini dapat juga diterapkan di dapur, baik untuk membuat dapur terorganisir atau tertata maupun menambah estetika pada rak terbuka.

Gater mengatakan dirinya menggunakan botol kaca di dapur untuk menyimpan barang-barang kering seperti beras, kacang-kacangan, dan lentil, lalu menatanya di rak terbuka. 

“Ini bisa menciptakan estetika dan cara menjaga makanan tetap segar lebih lama,” ucapnya. 

Baca juga: Tips Membuat Kamar Mandi Nyaman dan Tenang Layaknya di Tempat Spa

Menata kamar mandi dengan cara ini tentu membutuhkan biaya, apalagi jika menginginkan tampilan yang stylish dan kohesif.

Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan membeli botol kaca dalam jumlah cukup banyak untuk menghemat harga setiap botolnya.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X