Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membeli Karpet Secara Online Menurut Ahli

Kompas.com - 06/06/2021, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemajuan teknologi telah memudahkan berbagai lini kehidupan manusia, salah satunya urusan berbelanja. Saat ini, beragam kebutuhan dapat dibeli secara online, termasuk karpet.

Namun, membeli karpet secara online tak boleh sembarangan. Sebab, pemilihan karpet yang salah bisa berdampak buruk pada ruangan

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Noda Lengket di Karpet

Seperti diketahui, penggunaan karpet di ruangan tidak hanya bermanfaat memberi kenyamanan dan menghangatkan ruangan, tapi juga mengubah tampilan serta suasana ruangan menjadi lebih estetika.

Melansir dari laman Homes to Love, Minggu (6/6/2021), Sarah Price, distributor Dash & Albert Rug Company di Australia dan Selandia Baru, membagikan tips membeli karpet secara online agar tak salah memilih. 

Baca juga: 5 Cara Menata Karpet Berlapis di Ruangan

Mengukur ruang

Sebelum membeli karpet secara online, Sarah menyarankan mengukur terlebih dulu ruangan yang hendak diletakkan karpet agar mengetahui ukuran yang tepat.

"Bila anggaran memungkinkan, beli karpet ukuran yang besar. Ini akan menopang ruangan, menentukan ruang, dan membuat ruangan terasa lebih besar.” 

Baca juga: Cara Mengeringkan Karpet yang Basah, Pakai Baking Soda

Sarah menambahkan, jika ingin meletakkan karpet di bawah meja makan, pastikan memeriksa kursi dapat ditarik masuk dan keluar tanpa tersangkut di tepi permadani.

Meminta sample karpet

Sarah menjelaskan, karpet dapat menciptakan titik fokus di sebuah ruangan, membumikan ruang, serta memberikan kehangatan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Cabai pada Pakaian hingga Karpet

“Jika ingin membeli karpet secara online, mintalah sampel karpet untuk memastikan warna serta melengkapi warna lantai dan dinding rumah.”

Apalagi, saat ini, banyak toko online yang memiliki aplikasi obrolan langsung sehingga Anda dapat menanyakan jenis karpet yang diinginkan secara langsung. 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menghilangkan Jamur di Karpet

"Jangan takut bertanya dan mencari bimbingan dari orang-orang berpengetahuan yang Anda percayai, apakah itu desainer interior atau pengecer yang menjual karpet," kata Sarah.

Cari bahan yang mudah dibersihkan

Saat memilih karpet, pertimbangkan gaya hidup keluarga dan area karpet yang diletakkan. Apakah di area yang sering dilintasi orang atau tidak. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air di Karpet, Dinding, dan Sofa

Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah memilih bahan atau material karpet. Sebaiknya, pilih material karpet sesuai dengan ruangan yang hendak dipasang. 

"Di area padat, Anda membutuhkan material yang lebih kokoh. Namun, untuk kamar tidur, Anda dapat menyediakan karpet lebih mewah yang terbuat dari sutra, sutra seni, atau viscose." 

Baca juga: 4 Cara Memilih Karpet Terbaik untuk Area yang Sering Dilalui di Rumah

Perhatikan juga karpet yang dirancang untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan. Karpet indoor atau outdoor biasanya tahan lama dalam konstruksi serta dapat dibersihkan dengan hanya menyemprotkan selang air

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com