Kompas.com - 02/06/2021, 17:27 WIB
Ilustrasi karpet Unsplash/Sina SaadatmandIlustrasi karpet

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet menjadi salah satu benda yang dapat mencerahkan dan membuat nyaman ruangan. Namun, sering kali karpet menjadi cepat kotor, terlebih jika diletakkan di area dengan aktivitas yang padat. 

Tumpahan jus, es krim, soda, atau sirup menjadi noda yang sering ditemukan di atas karpet. Noda ini juga meninggalkan kotoran yang lengket. 

Baca juga: 5 Cara Menata Karpet Berlapis di Ruangan

Seperti dilansir dari Home Guides, Rabu (2/6/2021), bagian terburuknya adalah noda yang berubah menjadi bintik-bintik lengket dan manis ini akan menarik kotoran seperti magnet.

Untungnya, untuk membersihkan noda ini, dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan seperti handuk atau kain putih bersih, botol semprot, cairan pencuci piring, cuka, atau produk penghilang noda. 

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Jamur di Dinding, Kain, dan Karpet

Lantas, bagaimana cara membersihkan noda lengket di karpet? Berikut langkahnya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bersihkan sesegera mungkin 

Ketika karpet memiliki noda lengket, Anda harus membersihkannya secepat mungkin karena menundanya membuat noda semakin sulit dihilangkan, bahkan noda tersebut bisa bersifat permanen. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Tumpahan Kopi di Karpet

Untuk membersihkannya, seka noda tersebut dengan kain putih atau handuk kertas hingga tidak ada cairan yang bisa menyerap lagi. 

Kikis noda kering 

Jika tertinggal noda kering seperti bekas sirup kental atau jelly, angkat noda kering tersebut dengan sendok atau spatula dan hindari menggosoknya. Sebab, dapat membuat nodanya meresap ke dasar karpet. 

Baca juga: Hilangkan Bau pada Karpet dengan Bahan Alami Ini

Semprot noda dengan cairan pembersih

Jika zat yang tumpah bening, Anda perlukan menyiapkan campuran air dan sabun cuci piring. Isi botol semprot dengan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring.

Semprotkan campuran ini ke area yang terdapat noda untuk menutupi secara menyeluruh, tetapi jangan terlalu membasahi karpet. Setelahnya, bilas menggunakan kain yang dibasahi dengan air bersih. 

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Karpet di Rumah

Namun, jika noda berwarna dan meninggalkan bekas, setelah mengikuti langkah-langkah di atas, semprotkan noda dengan cuka atau penghilang noda komersial. Biarkan meresap selama 10 menit dan keringkan. 

Keringkan karpet

Setelah itu, jika sudah bersih, keringkan karpet dengan meletakkan setumpuk kertas tisu tebal di atas noda dan tekan agar noda terserap ke tisu.  

Baca juga: Karpet Harus Dibersihkan Seminggu Sekali, Ini Alasannya

Untuk mengeringkannya lebih cepat, nyalakan kipas angin agar memberikan angin ke area basah tersebut.

Setelah noda benar-benar kering, gosok noda tersebut dengan tangan untuk melihat apakah ada bekas lengket yang tersisa.  Jika masih ada, Anda harus mengulangi langkah-langkah di atas.



Sumber home guide
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X