Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 12:26 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet tidak hanya dapat mengubah tampilan dan suasana ruangan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi ruangan di rumah. Mulai dari, menghangatkan rumah, memberikan kenyamanan, hingga melindungi lantai.

Di tengah cuaca dingin, karpet menjadi benda sangat penting bagi mereka yang memiliki lantai yang keras di rumah. Hal ini karena karpet membantu melembutkan ruangan dan menambah kehangatan yang sangat dibutuhkan. 

Baca juga: 4 Kesalahan Membeli Karpet yang Harus Dihindari

Tak heran, penting untuk memiliki setidaknya satu karpet di rumah. Entah itu untuk di ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Selain mempercantik dekorasi ruangan, ternyata ada sejumlah alasan perlu memiliki karpet di rumah. Apa saja?

Simak di bawah ini lima alasan mengapa perlu memiliki karpet di rumah dan cara memilih karpet yang tepat seperti dikutip dari laman Homes to Love

Baca juga: Manfaatkan Karpet untuk Ciptakan Ruangan Tampak Lebih Besar 

Mencerahkan Ruangan

Membuat ruangan tampak cerah dan lebih hidup tidak hanya diperoleh lewat pencahayaan. Karpet juga mampu mencerahkan ruangan. Letakkan karpet tipis di lantai untuk mencerahkan tampilan ruangan serta nuansa ruang yang santai. 

Mengubah Tema Warna

Karpet memiliki kemampuan menambah atau mengubah skema warna di sebuah ruangan. Pertimbangkan membeli karpet dengan dua motif dan warna berbeda untuk ruang tamu atau ruang keluarga. 

Baca juga: Cara Merawat Karpet agar Awet

Satu karpet tipis berwarna terang untuk musim kemarau atau cuaca panas dan satu karpet tebal dan lebih gelap untuk musim hujan atau cuaca dingin. Dengan dua pilihan karpet berbeda ini, Anda dapat mudah mengubah suasana ruangan kapan pun diinginkan. 

Menghangatkan Ruangan

Lantai kayu tidak hanya terasa dingin di kaki pada musim atau cuaca dingin, tapi juga tidak mampu menahan panas apa pun. Untuk itu, letakkan karpet di atas lantai selama cuaca dingin untuk membantu menghangatkan semua lantai, ruangan, dan Anda ketika duduk di lantai. 

Baca juga: Ingin Mendekorasi Ruangan dengan Karpet? Ini yang Harus Diperhatikan

Melindungi Lantai

Baik lantai kayu maupun keramik, karpet dapat membantu melindungi keduanya dari tumpahan, noda, serta lecet. Ini sangat penting jika hunian yang kamu tinggali masih menyewa atau lantai di rumah.

Tempatkan satu karpet di area yang banyak dilalui orang seperti ruang santai atau ruangan tempat anak-anak bermain dan makan. Karpet dalam atau luar ruangan sangat bagus karena tahan lama serta mudah dibersihkan. 

Baca juga: Alasan Karpet Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Mengurangi Kebisingan

Karpet adalah benda yang sangat efektif dan stylish untuk mengurangi gangguan di ruangan. Tidak hanya membuat berjalan lebih tenang dibanding di lantai yang keras, tetapi juga membantu menyerap suara dari udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com