Kompas.com - 03/06/2021, 18:59 WIB
Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah. PIXABAY/MARIAIlustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran gulma atau rumput liar di halaman atau pekarangan rumah sangatlah mengganggu. Namun, dalam hal membasmi gulma di halaman rumah, mencegah selalu lebih baik dari mengobati.

Ada beberapa cara membasmi gulma dengan mudah yang dapat dilakukan, seperti menutupi tanah kosong dan memasang penghalang. Ini adalah cara bebas bahan kimia untuk membasmi gulma dan merupakan alternatif yang jauh lebih aman untuk hewan peliharaan.

Di samping itu, mulsa adalah cara lainnya yang berguna untuk mencegah gulma, ini karena efek pelapis yang menghentikan gulma agar tidak menembus lapisan mulsa.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka Apel di Rumah, Bisa Membunuh Gulma dan Kutu

Akan tetapi, ada beberapa cara super mudah untuk membasmi gulma di halaman rumah tanpa harus beralih ke bahan kimia, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Kamis (3/6/2021) berikut ini.

1. Air panas

Cukup rebus air dan tuangkan di atas rumput liar. Gulma tidak akan bisa mentolerir air panas dan akan mati.

Namun, penggunaan air panas kemungkinan akan membunuh sebagian besar tanaman, jadi cukup tuangkan air di tempat yang tidak akan mengenai tanaman yang ingin Anda pelihara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Cuka

Tidak banyak produk yang dapat melakukan banyak hal seperti cuka. Tidak hanya dapat membersihkan setiap area di rumah Anda, tetapi cuka juga merupakan pembasmi gulma.

Baca juga: Apakah Cuka Dapat Membunuh Gulma? Ini Penjelasannya

Cuka paling baik digunakan pada gulma muda dan diterapkan beberapa kali. Namun, cuka juga berpotensi menyerang gulma yang lebih tua dan membandel.

Adapun perlu Anda lakukan hanyalah membasahi akar gulma dengan campuran cuka 20 persen yang kuat.

3. Garam

Garam adalah produk serbaguna lain yang mungkin Anda miliki di dapur Anda yang dapat digunakan untuk membunuh gulma. Taburkan garam di atas akar gulma.

Garam berfungsi untuk mengeringkan akar gulma dan mengganggu keseimbangan air internal sel tanaman, yang pada akhirnya membunuh gulma. Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan karena garam dapat memengaruhi kondisi tanah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.