Kompas.com - 18/05/2021, 08:44 WIB
Ilustrasi cuka apel. FREEPIK/RAWPIXEL.COMIlustrasi cuka apel.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka apel memang enak untuk salad dan membuat acar. Namun demikian, ada banyak manfaat cuka apel yang mungkin belum Anda ketahui.

Cuka apel dapat dimanfaatkan untuk membersihkan beragam permukaan di rumah, mengusir lalat buah, hingga membasmi kutu pada anjing peliharaan.

Dilansir dari Pure Wow, Selasa (18/5/2021), berikut beberapa manfaat cuka apel untuk berbagai keperluan di rumah Anda.

Baca juga: Cara Membersihkan Meja Dapur, Pakai Cuka dan Soda Kue

1. Membersihkan panci dan wajan

Sama seperti cuka putih, cuka apel juga mampu membersihkan hampir semua hal di rumah Anda, termasuk panci dan wajan dan gosong dan berkerak.

Cukup isi panci atau wajan dengan air, tambahkan satu cangkir cuka dan didihkan. Angkat wajan dari kompor panas dan masukkan dua sendok makan baking soda.

Biarkan campuran tersebut bekerja dan gosok sampai bersih.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Mengusir lalat buah

Cara terbaik untuk mengusir lalat buah adalah dengan perangkap buatan sendiri, dan setiap perangkap yang baik membutuhkan umpan. Masukkan cuka apel sebagai umpan.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas dengan Cuka dan Soda Kue

Masukkan sebagian cuka apel ke dalam toples kaca, tutupi toples dengan bungkus plastik, dan buat beberapa lubang kecil. Lalat buah akan mengerumuni cuka apel tapi mereka tidak akan bisa keluar dari toples.

3. Mengobati anjing yang terserang kutu

Cuka apel juga dapat digunakan untuk membasmi kutu yang menyerang anjing peliharaan Anda. Untuk membuat semprotan pembasmi kutu buatan sendiri, buat larutan cuka apel dan air, dengan perbandingan 3:1.

Semprotkan bulu anjing Anda dengan itu dan kutu akan kabur karena asam yang ditimbulkan dari cuka apel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Pure Wow
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X