Kompas.com - 15/05/2021, 20:21 WIB
Ilustrasi kucing munchkin. SHUTTERSTOCK/MDAVIDOVAIlustrasi kucing munchkin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler. Ada banyak ras kucing atau jenis kucing yang menggemaskan, dengan sifat yang menyenangkan yang dapat Anda pilih untuk dipelihara.

Salah satunya adalah kucing munchkin yang memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (15/5/2021), kucing munchkin adalah kucing kaki pendek, yang disebabkan oleh gen alami dan bukan pembiakan oleh manusia.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut pada Kucing

Gen kaki pendek kucing munchkin disebut mirip dengan gen yang membuat anjing dachshund dan corgi memiliki kaki pendek dan bertubuh kecil.

Namun, karena tulang belakang kucing secara fisik berbeda dari tulang belakang anjing, kucing munchkin tidak mengalami masalah tulang belakang yang kadang-kadang dikaitkan dengan ras anjing tersebut.

Cara merawat kucing munchkin

Kucing munchkin sangat senang dan lincah saat berlari, mengejar, dan bermain dengan mainan. Mereka juga memiliki cara duduk yang menawan, seperti kelinci, dengan kaki belakang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena kucing munchkin dapat dibiakkan ke berbagai jenis kucing domestik, kepribadian setiap kucing akan bergantung pada warisannya.

Baca juga: Ketahui, Ini Bagian Tubuh yang Disukai Kucing Saat Dibelai

Secara keseluruhan, kucing munchkin digambarkan sebagai kucing yang penuh kasih, mudah bergaul, dan menyenangkan oleh penggemar munchkin.

Bulu kucing munchkin membutuhkan sedikit bantuan perawatan karena kakinya yang lebih pendek membuatnya lebih sulit untuk menjangkau area tertentu selama perawatan sendiri.

Kucing berbulu pendek harus disikat setiap minggu dan kucing berbulu panjang harus disikat beberapa kali dalam seminggu. Menyikat secara teratur membantu mencegah terjadinya bola bulu dan bulu kusut.

Anda harus menjaga agar kuku kucing tetap rapi. Bantu kucing menjaga kebersihan mulut dengan menyikat giginya beberapa kali seminggu dan melakukan pembersihan rutin di dokter hewan.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X