Kompas.com - 15/05/2021, 18:45 WIB
Ilustrasi mengecat dinding rumah. SHUTTERSTOCK/STOKKETEIlustrasi mengecat dinding rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, tampilan furnitur kayu mulai menurun seperti pernis atau warna cat yang memudar. Namun, tak usah buru-buru untuk mengganti furnitur. Anda dapat merestorasinya menggunakan cat susu.

Cat susu merupakan pilihan ideal untuk mengembalikan tampilan atau permukaan kayu kembali tampak baru, bahkan mewah, tanpa kehilangan esensi. Selain itu, cat susu juga mampu menciptakan sentuhan yang sangat alami pada furnitur. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Cat Susu yang Ramah Lingkungan

Cat susu ideal digunakan untuk furnitur kayu dan di setiap proyek buatan sendiri. Cat ini mengandung kasein sebagai komponen utamanya. Ini adalah protein yang ada dalam susu yang disajikan dalam bentuk kalsium kompleks dan fosfor yang larut. 

Selain cat, kasein dapat digunakan dalam produk lain seperti pernis. Mengecat permukaan dengan cat susu sedang tren seiring booming-nya gaya vintage.

Dilansir dari Decor Tips, Sabtu (15/5/2021), berikut ini cara memperbarui tampilan furnitur menggunakan cat susu. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Dapat Memberikan Kenyamanan di Ruang Tamu

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siapkan Bahan-bahan  

Jika sudah memutuskan untuk memberikan furnitur kayu lama dengan tampilan baru, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara menyiapkan cat susu untuk melapisi furnitur lama.

Baca juga: 8 Furnitur Penting yang Harus Dimiliki di Rumah Baru

1. Pilih wadah dan masukkan bubuk cat susu dan air.

2. Gunakan mixer tangan atau kocok larutan cat susu dengan baik. Pastikan tidak ada gumpalan.

3. Bergantung pada opasitas yang diinginkan, kamu dapat mengoleskan lebih banyak bubuk cat susu atau lebih banyak air.

4. Setelah tercampur, diamkan campuran selama 10 menit. Dengan cara ini, komponen cat susu akan menyerap air, lalu aduk lagi.

Halaman:


Sumber Decortips
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X