Kompas.com - 15/05/2021, 18:13 WIB
Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading. SHUTTERSTOCK/MYMOMENT_NATHARINIlustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirih gading atau pothos adalah salah satu tanaman hias populer dengan perawatan yang mudah. Tanaman ini pun sering diletakkan di dalam ruangan sebagai tanaman hias indoor.

Namun demikian, bisakah sirih gading ditanam di luar ruangan, seperti di halaman rumah atau pekarangan rumah? Jawabannya adalah ya, sirih gading bisa ditanam di luar ruangan.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (15/5/2021), berikut cara menanam sirih gading di halaman rumah.

Baca juga: 5 Cara Mudah Membuat Sirih Gading Lebih Lebat

 

Sirih gading (Epipremnum aureum) adalah tanaman dari kawasan tropis. Tanaman ini memiliki ciri khas daun berbentuk hati dengan semburat warna kuning atau perak, serta pertumbuhan bersulur, di mana panjang sirih gading bisa mencapai 12 meter.

Ilustrasi tanaman sirih gading di pot.PIXABAY/LUISELLA PLANETA LEONI Ilustrasi tanaman sirih gading di pot.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena sirih gading berasal dari daerah tropis sebagai tumbuhan di atas permukaan tanah, ia membutuhkan suhu hangat dan tempat teduh untuk sebagian besar lokasi yang teduh seperti daerah dengan sedikit cahaya pagi yang belang-belang.

Tanaman sirih gading luar ruangan lebih menyukai suhu 21-32 derajat celsius dengan kelembaban tinggi. Tanaman ini pun sangat mudah beradaptasi dengan semua jenis tanah.

Pothos di taman dapat diizinkan untuk memanjat pohon dan teralis atau hanya berjalan-jalan di sepanjang lantai taman. Ukurannya dapat dibiarkan tidak dicentang atau ditunda dengan pemangkasan.

Baca juga: Antibusuk, Ini 5 Cara Menanam Sirih Gading dengan Media Air

Tanah Pothos harus dibiarkan mengering di antara penyiraman, jangan biarkan tanaman berdiri di air.

Biarkan hanya 2 inci atau 5 cm di atas tanah yang mengering sebelum menyiram lagi. Jika Anda melihat daun menguning, berarti tanaman perlu disiram air.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X