Kompas.com - 07/05/2021, 17:18 WIB
Ilustrasi sepatu Unsplash/Alexander AndrewsIlustrasi sepatu

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian penghuni rumah mungkin tidak mempermasalahkan anggota penghuni yang lain atau tamu mengenakan alas kaki atau sepatu di dalam rumah.

Hal ini mungkin diperbolehkan agar tamu tidak perlu repot-repot melepasnya dan demi melindungi kaki. 

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Tidak Boleh Pakai Sepatu di Dalam Rumah

Sayangnya, mengenakan alas kaki ke dalam rumah, baik sepatu maupun sandal, adalah kesalahan fatal yang banyak dilakukan penghuni rumah.

Perlu diingat, siapa pun tidak boleh memakai alas kaki yang digunakan di luar ke dalam rumah. Sebab, ancaman virus, bakteri, kuman, dan sebagainya yang ada di alas kaki bisa terbawa ke dalam rumah. 

Baca juga: Tips Menyimpan Sepatu agar Awet

Dikutip dari Decor Tips, Jumat (7/5/2021), penelitian yang dilakukan Charles Gerba, profesor mikrobiologi di Universitas Arizona, Amerika Serikat, mengungkapkan, ada lebih dari 420 ribu jenis bakteri hidup yang menempel di bagian luar alas kaki atau sepatu. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah tersebut jauh lebih besar daripada bakteri yang ada di toilet, yakni 1.000 jenis.

Sebanyak 27 persen dari semua bakteri yang ada pada alas kaki adalah bakteri e-coli, yang ada dalam kotoran manusia dan hewan. Bayangkan betapa mengerikannya apabila bakteri ini menempel di lantai rumah saat anak-anak bermain atau seseorang rebahan.  

Baca juga: Jangan Bawa Masuk Alas Kaki ke Dalam Rumah, Kenapa?

Leila Karimpoor, internis dan perawat di Providence Saint John's Health Center, Amerika Serikat, mengatakan mengenakan alas kaki di rumah dapat membawa kuman dan kemungkinan membawa kuman penyebab penyakit. 

Sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan di Microbiome menganalisis lingkungan mikroba pada sepatu orang setelah berjalan di berbagai lokasi. Para peneliti menyimpulkan mikroba dari permukaan seperti bakteri dan virus berakhir di alas kaki dan menempel di permukaan lain atau tempat setiap orang berjalan. 

Baca juga: Jangan Bawa Masuk Alas Kaki ke Dalam Rumah, Kenapa?

Sebagian besar, mikroorganisme ini berkumpul di tapak sepatu. Untuk mengurangi penyebaran kuman di rumah dari alas kaki, Karimpoor merekomendasikan  membuat rutinitas demi menjaga kebersihan tempat tinggal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X