Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dilakukan, Ini Bahaya Memakai Sepatu di Dalam Rumah

Kompas.com - 07/05/2021, 17:18 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian penghuni rumah mungkin tidak mempermasalahkan anggota penghuni yang lain atau tamu mengenakan alas kaki atau sepatu di dalam rumah.

Hal ini mungkin diperbolehkan agar tamu tidak perlu repot-repot melepasnya dan demi melindungi kaki. 

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Tidak Boleh Pakai Sepatu di Dalam Rumah

Sayangnya, mengenakan alas kaki ke dalam rumah, baik sepatu maupun sandal, adalah kesalahan fatal yang banyak dilakukan penghuni rumah.

Perlu diingat, siapa pun tidak boleh memakai alas kaki yang digunakan di luar ke dalam rumah. Sebab, ancaman virus, bakteri, kuman, dan sebagainya yang ada di alas kaki bisa terbawa ke dalam rumah. 

Baca juga: Tips Menyimpan Sepatu agar Awet

Dikutip dari Decor Tips, Jumat (7/5/2021), penelitian yang dilakukan Charles Gerba, profesor mikrobiologi di Universitas Arizona, Amerika Serikat, mengungkapkan, ada lebih dari 420 ribu jenis bakteri hidup yang menempel di bagian luar alas kaki atau sepatu. 

Jumlah tersebut jauh lebih besar daripada bakteri yang ada di toilet, yakni 1.000 jenis.

Sebanyak 27 persen dari semua bakteri yang ada pada alas kaki adalah bakteri e-coli, yang ada dalam kotoran manusia dan hewan. Bayangkan betapa mengerikannya apabila bakteri ini menempel di lantai rumah saat anak-anak bermain atau seseorang rebahan.  

Baca juga: Jangan Bawa Masuk Alas Kaki ke Dalam Rumah, Kenapa?

Leila Karimpoor, internis dan perawat di Providence Saint John's Health Center, Amerika Serikat, mengatakan mengenakan alas kaki di rumah dapat membawa kuman dan kemungkinan membawa kuman penyebab penyakit. 

Sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan di Microbiome menganalisis lingkungan mikroba pada sepatu orang setelah berjalan di berbagai lokasi. Para peneliti menyimpulkan mikroba dari permukaan seperti bakteri dan virus berakhir di alas kaki dan menempel di permukaan lain atau tempat setiap orang berjalan. 

Baca juga: Jangan Bawa Masuk Alas Kaki ke Dalam Rumah, Kenapa?

Sebagian besar, mikroorganisme ini berkumpul di tapak sepatu. Untuk mengurangi penyebaran kuman di rumah dari alas kaki, Karimpoor merekomendasikan  membuat rutinitas demi menjaga kebersihan tempat tinggal.

Ini harus termasuk melepas sepatu di depan pintu rumah. Jika alas kaki seperti sepatu harus dilepas menggunakan tangan, segera mencuci tangan.

"Secara umum, tempat tinggalmu harus sebersih mungkin. Kamu pasti tidak ingin membawa kotoran, apalagi virus dan berbagai penyakit masuk ke rumah hanya karena memasukkan alas kaki ke rumah," kata Karimpoor dilansir dari Insider

Baca juga: Simak, Langkah Membersihkan Keset Kaki

Apabila ada anak kecil yang sedang asyik-asyiknya bermain di lantai rumah atau memiliki anggota keluarga dengan gangguan kekebalan, penting untuk melepas alas kaki di depan pintu masuk.

"Ini bukan hanya tentang sepatu itu sendiri, tapi tentang ruang hidup. Dalam hal mengurangi penyebaran virus corona atau penyakit lainnya, mencuci tangan adalah yang paling penting," jelas Karimpoor.

Baca juga: Tips untuk Menjaga Kaus Kaki Putih agar Tetap Bersih

Saat pergi ke tempat yang ramai seperti toko bahan makanan atau pernah bersentuhan dengan orang yang sakit, buka tidak mungkin ada kuman penyebab penyakit yang menempel di alas kaki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com