Kompas.com - 07/05/2021, 15:18 WIB
Ilustrasi jenis tanaman hias sukulen. PEXELS/YLANITE KOPPENSIlustrasi jenis tanaman hias sukulen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama dan penyakit bukan masalah utama yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman. Ada satu hal yang menjadi permasalahan yang lebih kompleks pada tanaman, yakni pertumbuhan kerdil.

Tanaman yang pertumbuhannya terhambat menjadi indikator jelas bahwa tanaman memiliki kesehatan yang buruk. 

Baca juga: 3 Langkah Menanam Tanaman di Botol, Solusi untuk Lahan Terbatas

Dilansir dari Homeguides, Jumat (7/5/2021), untuk mengatasinya, Anda perlu mengobati tanaman dari penyakit, memberikan pupuk tambahan, serta menyesuaikan kondisi lingkungan sekitarnya agar tumbuh dengan subur. 

Lantas, apa sih yang membuat tanaman tumbuh kerdil atau stunting? Berikut beberapa penyebab yang membuat pertumbuhan tanaman terhambat dan cara mengatasinya. 

Baca juga: Tanaman Mati Setelah Dipindahkan ke Tanah atau Pot? Ini Penyebabnya

Jenis Tanah sampai Sinar Matahari 

Pertumbuhan tanaman yang terhambat disebabkan banyak hal, antara lain kondisi lingkungan yang buruk, kekurangan nutrisi, dan penyakit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, ketika tanaman di dalam pot mengalami stunting, Anda harus mengevaluasi lingkungan sekitarnya seperti kebutuhan sinar matahari, jenis tanah, kadar pH tanah, serta kebutuhan air yang berbeda pada setiap jenis tanaman.  

Baca juga: Perhatikan, Ini Tanda Tanaman Tidak Sehat

Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkan setiap hari. Perlu diingat bahwa ada beberapa tanaman akan tumbuh subur bila diletakkan di tempat teduh, sementara tanaman yang lain membutuhkan sinar matahari penuh.

Mempelajari karakteristik setiap tanaman merupakan hal dasar yang dapat membantu merawat tanaman dengan baik. 

Baca juga: Jangan Diulangi, Ini 5 Kesalahan Umum Saat Menyiraman Tanaman

Penyiraman dan Kondisi Tanah Buruk 

Selain itu, pertumbuhan bibit yang kerdil juga bisa disebabkan oleh penyiraman yang salah atau kondisi tanah yang buruk. Evaluasi jadwal penyiraman tanaman Anda agar memastikan tanaman mendapatkan cukup air.

Beberapa tanaman tidak tahan kekeringan dan mungkin menunjukkan pertumbuhan yang buruk dalam kondisi kering. 

Baca juga: Apa Itu Daun Bidara? Tanaman Herbal Berkhasiat Bisa buat Masakan

Halaman:


Sumber home guide
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X