Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Jangan Langsung Nyalakan Kulkas yang Baru Dipindahkan

Kompas.com - Diperbarui 25/03/2023, 18:03 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Entah mengatur ulang dekorasi rumah atau pindahan rumah, hal itu tentu membuat kamu harus mengatur ulang dekorasi yang telah ditentukan.

Saat mendekorasi ulang maupun pindah rumah, sudah pasti kamu akan mengubah penempatan berbagai furnitur hingga barang elektronik.

Namun, untuk urusan memindahkan penempatan barang elektronik, kamu harus berhati-hati agar tidak terjadi kerusakan akibat dari proses pemindahan, khususnya pada kulkas

Baca juga: Kulkas di Rumah Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

 

Ilustrasi kulkas di dapur.SHUTTERSTOCK/ZSTOCK Ilustrasi kulkas di dapur.

Jika kamu berencana memindahkan kulkas ke area lain, jangan pernah mencoba langsung menyalakannya setelah dipindahkan. Mengapa demikian?

Dilansir Moversville, kulkas bisa menjadi rumit saat bergerak atau dipindahkan sehingga akan berbahaya jika kulkas yang baru dipindahkan langsung dinyalakan kembali. 

Komponen di dalam kulkas sangat sensitif saat dipindahkan dan dapat menyebabkan masalah bila tidak dipindahkan dengan benar.

Ketika kulkas dipindahkan, terlebih dipindahkan dalam waktu yang lama saat pindah rumah, kulkas sudah pasti mengalami banyak guncangan selama dalam perjalanan. 

Baca juga: Cara Menyusun Isi Kulkas agar Tertata dengan Baik

Saat kulkas dipindahkan, terlebih posisi memindahkannya itu miring, maka oli di dalam kompresor bisa bocor ke dalam sistem pendinginan.

Begitu pun apabila kulkas dinyalakan sebelum oli dalam posisi kembali ke kompresor, kulkas akan mengalami kerusakan karena penyumbatan.

 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com