Kompas.com - 27/04/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi deterjen. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi deterjen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Deterjen diperlukan untuk mencuci pakaian, tentu tujuannya agar pakaian Anda bersih dari kotoran dan noda, serta menghindari bau. Akan tetapi, berapa sebetulnya takaran deterjen yang pas untuk mencuci pakaian?

Dikutip dari Life Savvy, Selasa (27/4/2021), takaran deterjen untuk mencuci pakaian pada dasarnya adalah tidak boleh terlalu banyak. Bila terlalu banyak, maka pakaian tidak bisa tercuci dengan bersih dan bahkan bisa bau.

Nah, berikut beberapa panduan takaran deterjen yang pas untuk mencuci pakaian. Namun demikian, ini hanya berupa gambaran, tentu takaran akan berbeda sesuai dengan banyaknya cucian Anda.

Baca juga: Deterjen Bubuk Vs Deterjen Cair, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Takaran deterjen untuk mesin cuci berefisiensi tinggi

Gunakan dua sendok teh deterjen cair atau dua sendok makan deterjen bubuk bila Anda menggunakan mesin cuci dengan efisiensi tinggi. Ya, sesedikit itu.

Mesin cuci efisiensi tinggi hampir tidak memerlukan deterjen untuk beroperasi dengan sangat efisien. Baik Anda menggunakan deterjen cair atau bubuk, Anda hampir tidak membutuhkannya.

Faktanya, jika Anda memiliki air yang sangat lembut, Anda bahkan dapat menggunakan lebih sedikit. Apakah air Anda lembut secara alami atau Anda menggunakan pelembut, Anda bisa bertahan dengan 1 hingga 1,5 sendok teh atau sendok makan, masing-masing untuk cairan dan bubuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun pakaian Anda sangat kotor, Anda hampir tidak perlu menambah jumlah deterjen yang digunakan. Untuk pakaian super kotor, terutama pakaian yang kotor karena noda minyak atau lemak, Anda dapat menambah jumlahnya sekitar 50 persen.

Baca juga: Lindungi Keluarga dengan Deterjen yang Mengandung Disinfektan

Jadi Anda akan menggunakan tiga sendok teh deterjen cair, bukan dua. Namun, sebagai aturan umum, pakaian kotor mendapat manfaat lebih dari waktu pencucian yang lebih lama dengan lebih banyak air daripada lebih banyak deterjen.

Jika Anda mencuci pakaian yang benar-benar kotor, lebih berguna menggunakan fungsi pra-rendam atau pra-cuci pada mesin cuci Anda daripada menumpuk lebih banyak deterjen.

Berapa pun jumlah detergen bubuk yang Anda gunakan, lewati dispenser dan tambahkan bubuk langsung ke dalam wadah dengan menuangkannya ke dalam drum mesin cuci. Dispenser cocok untuk deterjen cair tetapi tidak berfungsi dengan baik pada bubuk.

Takaran deterjen untuk mesin cuci bukaan atas

Mesin cuci bukaan atas sedikit lebih mudah digunakan dalam hal deterjen karena mesin cuci tersebut menggunakan lebih banyak air daripada mesin cuci berefisiensi tinggi.

Dosa Anda yang terlalu banyak deterjen dihapuskan melalui pengenceran. Meskipun demikian, Anda tentu tetap tidak ingin membuang-buang uang dengan membuang deterjen lebih banyak dari yang Anda butuhkan.

Halaman:


Sumber Life Savvy
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X