Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Takaran Deterjen yang Pas untuk Mencuci Pakaian?

JAKARTA, KOMPAS.com - Deterjen diperlukan untuk mencuci pakaian, tentu tujuannya agar pakaian Anda bersih dari kotoran dan noda, serta menghindari bau. Akan tetapi, berapa sebetulnya takaran deterjen yang pas untuk mencuci pakaian?

Dikutip dari Life Savvy, takaran deterjen untuk mencuci pakaian pada dasarnya adalah tidak boleh terlalu banyak. Bila terlalu banyak, maka pakaian tidak bisa tercuci dengan bersih dan bahkan bisa bau.

Nah, berikut beberapa panduan takaran deterjen yang pas untuk mencuci pakaian. Namun demikian, ini hanya berupa gambaran, tentu takaran akan berbeda sesuai dengan banyaknya cucian Anda.

Takaran deterjen untuk mesin cuci berefisiensi tinggi

Gunakan dua sendok teh deterjen cair atau dua sendok makan deterjen bubuk bila Anda menggunakan mesin cuci dengan efisiensi tinggi. Ya, sesedikit itu.

Mesin cuci efisiensi tinggi hampir tidak memerlukan deterjen untuk beroperasi dengan sangat efisien.

Baik Anda menggunakan deterjen cair atau deterjen bubuk, Anda hampir tidak membutuhkannya.

Faktanya, jika Anda memiliki air yang sangat lembut, Anda bahkan dapat menggunakan lebih sedikit. Apakah air lembut secara alami atau Anda menggunakan pelembut, Anda bisa bertahan dengan 1 hingga 1,5 sendok teh atau sendok makan, masing-masing untuk deterjen cair dan bubuk.

Meskipun pakaian Anda sangat kotor, Anda hampir tidak perlu menambah jumlah deterjen yang digunakan. Untuk pakaian super kotor, terutama pakaian yang kotor karena noda minyak atau lemak, Anda dapat menambah jumlahnya sekitar 50 persen.

Jadi Anda akan menggunakan tiga sendok teh deterjen cair, bukan dua. Namun, sebagai aturan umum, pakaian kotor mendapat manfaat lebih dari waktu pencucian yang lebih lama dengan lebih banyak air daripada lebih banyak deterjen.

Jika Anda mencuci pakaian yang benar-benar kotor, lebih berguna menggunakan fungsi pra-rendam atau pra-cuci pada mesin cuci daripada menumpuk lebih banyak deterjen.

Berapa pun jumlah detergen bubuk yang Anda gunakan, lewati dispenser dan tambahkan bubuk langsung ke dalam wadah dengan menuangkannya ke dalam tabung mesin cuci.

Dispenser cocok untuk deterjen cair tetapi tidak berfungsi dengan baik pada bubuk.

Takaran deterjen untuk mesin cuci bukaan atas

Mesin cuci bukaan atas sedikit lebih mudah digunakan dalam hal deterjen karena mesin cuci tersebut menggunakan lebih banyak air daripada mesin cuci berefisiensi tinggi.

Saat menakar deterjen untuk mencuci dengan mesin cuci bukaan atas, gunakan dua sendok makan deterjen cair atau empat sendok makan atau seperempat cangkir deterjen bubuk.

Seperti pada mesin cuci berefisiensi tinggi, sesuaikan berdasarkan kelembutan air, tetapi lewati peningkatan porsinya berdasarkan permukaan tanah. Di antara volume deterjen yang sudah meningkat dan jumlah air dua kali lipat, Anda biasanya tidak membutuhkannya.

Jika Anda memiliki air yang sangat lembut, Anda dapat mengubahnya kembali menjadi 1 sampai 1,5 sendok makan deterjen cair atau 2 sampai 3 sendok makan bubuk.

Sekali lagi, kita berbicara tentang banyak pakaian di sini. Jika Anda mencuci lebih sedikit pakaian, gunakan lebih sedikit deterjen.

Jika Anda mencuci barang dalam jumlah besar atau barang yang sangat kotor, gunakan lebih banyak.

Tentukan sendiri dan gunakan sedikit saja

Panduan di atas hanyalah saran. Kenyataannya adalah Anda membutuhkan deterjen sedikit saja untuk mencuci pakaian.

Mesin cuci modern, bahkan mesin cuci bukaan atas, jauh lebih baik dalam pekerjaannya daripada mesin cuci yang lebih tua. Sebagian besar pencucian dilakukan dengan air dan gerakan mekanis di mesin cuci.

Oleh karena itu, Anda dapat bereksperimen dengan menghitung kembali berapa banyak deterjen yang Anda gunakan sampai mencapai titik yang tepat berdasarkan kebutuhan.

Perlu diingat, bahwa secara keseluruhan fungsi pra-rendam dan pembilasan ekstra hampir selalu lebih efektif daripada hanya menumpuk lebih banyak deterjen.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/27/113021876/berapa-takaran-deterjen-yang-pas-untuk-mencuci-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke