Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting untuk Mencuci Pakaian, Apakah Deterjen Bisa Kedaluwarsa?

Kompas.com - 05/02/2021, 12:43 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kegiatan mencuci pakaian yang dilakukan orang-orang, deterjen adalah bahan penting untuk membantu proses pembersihan sekaligus menghilangkan kotoran dan noda yang menempel.

Terbuat dari bahan utama surfaktan, detergen mempunyai daya cuci yang lebih baik, serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air.

Hadir dalam berbagai merek dan jenis, deterjen mungkin akan selalu tersedia berdampingan dekat mesin cuci yang ada di setiap rumah orang.

Baca juga: 6 Manfaat Deterjen Selain untuk Mencuci Pakaian

Namun, dari banyaknya produk yang dijual di pasaran, deterjen adalah salah satu produk yang tidak ada masa kedaluwarsanya. Ketika melihat kemasan deterjen, mungkin kamu tidak akan menemukan cetakan masa kedaluwarsa di sana.

Dalam hal ini tentu timbul pertanyaan, apakah detergen memang tidak bisa kedaluwarsa? Apakah detergen yang sudah begitu lama disimpan aman digunakan?

Dikutip dari Great American Laundry, Jumat (5/2/2021), Mark A Benveuto, seorang profesor kimia dan biokimia di Detroit Mercy serta Scott Leckledge, mengatakan bahwa kebanyakan detergen memiliki masa simpan.

Deterjen kedaluwarsa setelah jangka waktu tertentu, tetapi toksisitasnya tidak meningkat, sebaliknya, efektivitasnya berkurang.

Baca juga: Deterjen Bubuk Vs Deterjen Cair, Mana yang Lebih Baik?

Benveuto dan Leckledge juga menambahkan bahwa beberapa deterjen tidak pernah kedaluwarsa, seperti cuka putih dan soda kue.

Deterjen sendiri tersedia dalam berbagai jenis, ada yang bentuk cair, bubuk, dan polong atau formula kemasan tersendiri seperti terbungkus kapsul.

Meskipun kebanyakan deterjen tidak kedaluwarsa atau "membusuk," ada kemungkinan bahwa deterjen tersebut dapat kehilangan sebagian keefektifannya dalam membersihkan pakaian dan stabilitas selama penyimpanan.

Mari ketahui kestabilan setiap jenis deterjen

Detergen formula cair

Beberapa deterjen cair memiliki label tanggal "paling baik digunakan sebelum" pada botolnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com