Kompas.com - 24/04/2021, 12:43 WIB
Ilustrasi ruang tamu minimalis. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi ruang tamu minimalis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu di rumahmu terasa sempit karena ukurannya kecil? Itu tidak berarti membuat kamu harus berhemat dalam hal dekorasi. Tentu sangat mudah mengubah gaya ruang tamu mana pun sekalipun ukurannya kecil.

Namun, perlu ditekankan bahwa ruang tamu harus mempunyai gaya yang unik, menyenangkan, dan menarik. Sebab, ruangan ini merupakan tempat yang harus memberikan kenyamanan kepada seseorang yang berkunjung. 

Baca juga: 10 Tips Mewujudkan Ruang Tamu Minimalis di Rumah

Ada banyak ide dan tips menjadikan ruang tamu kecil di rumahmu sebagai ruang santai, nyaman, bahkan tempat ideal untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama keluarga dan tamu yang berkunjung.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (24/4/2021), berikut ini 15 ide ruang tamu kecil sederhana penuh gaya yang bisa kamu terapkan di ruang tamumu yang kecil. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruang Tamu Kecil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Biarkan Cahaya Alami Masuk

Ini adalah ide bagus untuk membuat ruang tamu terlihat lebih menarik. Namun, agar ruang tamu dapat diterangi cahaya alami, sebaiknya tidak menempatkan gorden berwarna gelap. Mengingat, tujuannya adalah memungkinkan akses cahaya alami. Membiarkan cahaya alami masuk ke ruang tamu dapat membuat ruangan terasa sedikit lebih besar. 

2. Pilih karpet yang besar

Penting bagimu untuk menempatkan karpet besar di ruang tamu, bahkan disarankan agar desain karpet memiliki pola yang sedikit tidak biasa. Ide ini akan membantu ruang tamu tampak sedikit lebih besar. 

Baca juga: Tips Sederhana yang Bisa Bikin Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Luas

3. Pilih Cat Berwarna Gelap

Mengecat dinding dengan warna gelap dan sedikit cerah akan membantu meningkatkan kenyamanan ruang tamu. Tentu saja, furnitur serta aksesori ruang tamu lainnya harus memiliki warna yang berbeda, yang akan menambah kemenarikan. 

4. Jadikan Ruang Tamu Multifungsi

Ketika memiliki sedikit ruang di ruang tamumu, penting untuk menempatkan aksesori dan furnitur serbaguna dengan tujuan memanfaatkan ruang secara maksimal. 

5. Manfaatkan Plafon Tinggi

Jika ruang tamu di rumahmu kecil, tetapi memiliki plafon yang tinggi, kamu harus memanfaatkan fitur itu sebaik mungkin. Kamu dapat mengatur gorden sedikit lebih tinggi dan memasang wallpaper kualitas terbaik dengan motif bagus di dinding. 

Baca juga: Trik Dekorasi Ruang Tamu dengan Biaya Minim

6. Cat Dinding dengan Warna Putih

Jika kamu ingin furnitur dan aksesori ruang tamu menjadi titik fokus ruangan atau tampilan yang lebih segar, yang harus kamu lakukan hanyalah mengecat dinding dengan warna putih. Ruang tamu kecil dengan dinding berwarna putih memberi ketenangan dan menyejukkan. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X