Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanda Rumah Tidak Sehat yang Harus Dihindari

Kompas.com - 07/04/2021, 18:04 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kita tentu mendambakan rumah yang sehat untuk ditinggali. Namun kebiasaan dan lingkungan seringkali membuat rumah tidak sehat.

Bahkan, karena terbiasa kita seringkali tak sadar bahwa rumah yang kita tinggali sebenarnya masuk dalam kategori rumah tidak sehat.

Berikut adalah sepuluh tanda rumah tidak sehat seperti dilansir dari Family Handyman, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Ruang Tamu Terlihat Berantakan, Apa Saja?

1. Rumah terlalu lembab

Meskipun kelembaban di rumah adalah hal yang normal karena aktivitas yang kit alakukan seperti, mandi, memasak, dan bahkan bernapas, bukan kelembaban yang berlebihan, menurut expertmoldtest.com.

Jamur menyukai lingkungan yang lembab, dan jika ada kelembapan yang berlebihan di rumah, ia pasti akan tumbuh, terutama di sudut dan langit-langit. CDC memperingatkan bahwa jamur dapat menyebabkan hidung tersumbat, iritasi tenggorokan, batuk atau mengi, iritasi mata, atau, dalam beberapa kasus, iritasi kulit.

2. Ventilasi dan saluran tidak dibersihkan

Ventilasi mungkin tidak sesuai dengan pandangan Anda seperti piring kotor, tetapi bukan berarti tidak perlu dibersihkan juga. Ventilasi menyimpan banyak debu dari udara, dan saat Anda menyalakan pemanas atau AC, semua partikel debu tersebut didistribusikan kembali ke seluruh rumah Anda.

Anda dapat melepas penutup ventilasi dan membersihkan kotoran yang dapat dijangkau, tetapi Anda sebaiknya meminta bantuan tenaga profesional untuk membersihkan saluran Anda secara menyeluruh.

Baca juga: 4 Cara agar Kamar Tidur Tidak Mudah Berantakan

Para profesional menggunakan agitator udara dan udara bertekanan untuk membersihkan debu yang sulit dijangkau.

3. Kamar mandi memiliki ventilasi yang buruk

Apakah kamu membiarkan jendela tetap terbuka atau menggunakan exhaust fan saat mandi? Ini harus dilakukan karena kelembaban berlebih yang berasal dari kamar mani bisa menyebabkan cat dan wallpaper terlepas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com