Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Tiba-tiba Layu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/04/2021, 09:24 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kamu mungkin terkejut melihat tanamanmu yang tadi pagi masih segar bisa tiba-tiba layu di sore hari. Sebenarnya, tanaman bisa layu karena banyak alasan. Salah satunya adalah karena kurangnya pasokan air yang harus diserap oleh akar.

Jika pasokan ini terganggu selama beberapa waktu, tanaman akan mulai layu dan mati. Jika tidak ada air lagi yang diterima, tanaman akan mulai merontokkan daunnya dan akhirnya mati.

Kurangnya air bisa jadi karena tanah atau kompos tempat tanaman tumbuh telah mengering, sehingga tidak ada air yang tersedia untuk diserap oleh akar.

Baca juga: Selain Penyakit dan Hama, Hal Ini Juga Menyebakan Tanaman Layu

Jika tanah atau kompos tetap kering, akarnya akan mulai mati. Bila ini sudah terjadi, bahkan penyiraman tidak akan memungkinkan tanaman pulih.

Tanaman yang layu juga bisa terjadi karena terlalu banyak air. Di tanah dan kompos yang tergenang air dan terlalu basah, air akan memenuhi ruang dan tak memberikan ruang untuk udara.

Karena akar membutuhkan udara untuk bernapas, ketidak adaan udara membuat akar mati lemas karena tenggelam di dalam air.

Selain karena kekurangan dan kelebihan air, di bawah ini adalah beberapa penyebab tanaman tiba-tiba layu, dikutip dari Love the Garden, Selasa (6/4/2021). 

Baca juga: Mengapa Tanaman Lidah Buaya Layu? Kenali Penyebabnya

1. Batang rusak atau patah

Tanaman lain bisa saja layu karena batangnya rusak. Ini mencegah air mencapai bagian tanaman di atas tempat kerusakan terjadi.

2. Penyakit wilts

Penyebab tanaman layu lainnya adalah akibat penyakit. Ini bisa berupa penyakit yang mematikan akar, atau penyakit yang masuk ke pembuluh penghantar air di dalam tanaman (xilem) dan benar-benar menyumbatnya sehingga air tidak bisa diserap ke dalam tanaman.

Penyakit ini meliputi:

  • Layu verticillium disebabkan oleh jamur yang terbawa tanah, yang masuk ke akar dan tumbuh ke atas di xilem. Ini mempengaruhi berbagai macam tanaman.
  • Layu peony adalah infeksi pada daun dan batang, yang menyebabkan layu dan bunga.
  • Busuk akar Phytophthora disebabkan oleh organisme mirip jamur. Seperti namanya, ia membusuk akar berbagai macam tanaman, menyebabkannya layu.
  • Layu clematis adalah penyakit jamur, yang sering disalahkan sebagai penyebab layu clematis - tetapi penyebab yang paling mungkin adalah kerusakan fisik pada batang yang rapuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com