Kompas.com - 06/04/2021, 08:06 WIB
Taulany, selaku pegiat tanaman hias ketika ditemui di kawasan Bojong Sari, Depok, Jawa Barat KOMPAS.com/ABDUL HARIS MAULANATaulany, selaku pegiat tanaman hias ketika ditemui di kawasan Bojong Sari, Depok, Jawa Barat

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengoleksi sekaligus merawat berbagai jenis tanaman hias, saat ini telah menjadi kegiatan atau hobi yang semakin masif dilakukan masyarakat.

Sejak awal pandemi Covid-19 pada tahun lalu, tren berkebun dan merawat tanaman hias diibaratkan sebagai sebuah kebutuhan untuk mengisi waktu luang saat harus tetap berada di rumah.

Dan apabila kamu adalah seorang pemula yang baru keranjingan untuk menanam dan merawat tanaman hias, mungkin kamu sedikit bingung untuk memilih yang terbaik saat akan membeli tanaman hias.

Baca juga: Simak, Tanaman Hias yang Dapat Meredakan Alergi di Dalam Rumah

Bagi seorang pemula, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan membeli tanaman hias, agar tidak keliru dan menyesal setelah membelinya.

Taulany, selaku pegiat tanaman hias dan pemilik Bullion Orchid menuturkan bahwa tips bagi pemula saat akan memilih tanaman hias adalah dengan melihat katakter dari tanaman hias itu sendiri.

"Dipastikan bagi pemula sebenarnya (melihat) karakter, mencoba untuk memilih karakter. Kalau untuk variegata, mereka perlu mencari variegata yang memang menarik, mulai dari corak, bentuk prosesnya juga, bentuk batang, bentuk daun," jelas Taulany ketika ditemui Kompas.com di kawasan Bojong Sari, Depok Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Selain karakter tampilan, kesehatan daripada tanaman hias itu juga perlu diperhatikan. 

Baca juga: Ini Penyebab Harga Tanaman Hias Semakin Melambung

Dalam hal kesehatan, kamu perlu memeriksa apakah ada penyakit atau hama yang tengah menyerang tanaman hias yang ingin kamu pilih.

Jika tanaman terserang penyakit atau hama, hal itu membuat beberapa tampilan daun menjadi tampak tidak menarik, seperti layu dan warnanya tidak cerah.

Lalu, jangan lupakan kondisi akar tanaman hias itu sendiri. Pilih tanaman hias dengan akar yang menyatu dengan tanah atau media tanam.

Jika akar tanaman hias tampak mudah goyang, maka ada kemungkinan bahwa akar itu baru tumbuh sedikit atau di stek dari batang.

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.