Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2021, 11:56 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu mungkin berpikir bahwa dengan 15 jam sehari kucingmu tidur siang, dia mungkin tidak punya waktu untuk bosan. Namun pada kenyataannya sama seperti manusia, kucing bisa dan memang bosan.

Meskipun teman berbulumu itu mungkin tidak selalu memberi tahumu betapa bosannya dia, terkadang kucing mengungkapkan kebosanannya dengan cara yang cukup blak-blakan dan tidak selalu dihargai oleh sahabat manusianya.

Sebelum dia mulai menggaruk furnitur, memanjat tirai, atau menghancurkan segala macam hal, perhatikan tanda-tanda kebosanan ini, dan upayakan untuk memberinya lebih banyak stimulasi mental dan fisik.

Baca juga: Simak, Cara Menjauhkan Kucing agar Tak Buang Air di Halaman Rumah

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (17/3/2021), berikut ini beberapa pertanda yang menunjukkan kalau kucing kesayanganmu tengah merasa bosan.

1. Perawatan atau perilaku berlebihan yang berulang

Kucing yang mengalami kebosanan dapat berulang kali menjilati diri sendiri, mengunyah atau menggigit kulit, atau mencabut bulunya.

Rasa kesal yang diakibatkan oleh perilaku ini dapat menyebabkan mereka terus bersikap berlebihan, menciptakan lingkaran perilaku yang membuat frustrasi.

2. Mengejar atau berkelahi dengan hewan lain

Kucing yang bosan terkadang mengejar hewan peliharaan lain sebagai cara untuk melepaskan energi yang terpendam.

Baca juga: 5 Tanda Kucing Peliharaan Tunggal Merasa Kesepian

Jika kucingmu mulai berlari mengejar kucing lain di rumah atau mencoba menyudutkan anjing, ini mungkin pertanda bahwa kucingmu membutuhkan rangsangan lain.

Meskipun ada banyak alasan lain untuk perilaku ini, kucing yang bosan terkadang akan mengganggu dan mengejar hewan peliharaan lainnya.

3. Tidak aktif dan kurangnya keingintahuan

Kucing menghabiskan rata-rata 15 jam setiap hari untuk tidur siang, jadi tidak jarang pemiliknya akan selalu melihat kucing mereka sedang beristirahat.

Tetapi jika keingintahuan alami kucingmu tidak muncul, itu bisa menjadi tanda kebosanan, terlebih mereka memiliki waktu di mana seharusnya mereka terlibat dalam aktivitas dan bermain.

"Meskipun kucing biasanya menghabiskan banyak waktu untuk tidur siang, mereka memiliki waktu untuk beraktivitas, saat memanjat dan bermain,” kata Marilyn Krieger, konsultan perilaku kucing bersertifikat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com