Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2021, 09:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keuntungan merawat tanaman bunga di rumah, baik di halaman rumah maupun di dalam ruangan adalah kita dapat menikmati kecantikan warnanya. Salah satunya adalah beragam bunga berwarna ungu.

Menambahkan tanaman bunga berwarna ungu ke halaman rumah akan memberikan nuansa yang penuh warna dan unik sepanjang waktu. Beberapa bunga berwarna ungu juga memiliki bentuk yang menarik.

Nah, apa saja bunga berwarna ungu yang dapat mempercantik halaman rumah? Dilansir dari Birds and Blooms, Rabu (17/3/2021), berikut daftarnya.

Baca juga: 4 Bunga Rambat yang Tahan Panas Sinar Matahari

Ilustrasi bunga verbena. PIXABAY/BERNSWAELZ Ilustrasi bunga verbena.

1. Verbena

Anda bisa menikmati warna sepanjang periode cuaca panas dari bunga-bunga indah ini. Tanaman bunga yang membutuhkan sinar matahari penuh ini memiliki kelompok bunga ungu yang menarik dan tumbuh setinggi sekitar 18 inci.

Jaga tanah tetap lembab tetapi dikeringkan dengan baik. Kondisi kering bisa menghambat pembungaan verbena.

Verbena bonariensis dan kultivar Imagination berkembang dalam nuansa ceria yang berada di antara warna magenta dan ungu.

2. Lavender

Lavender tidak hanya cantik, namun aromanya yang kuat sangat ampuh untuk meredakan stres. Tanaman berbunga ungu abu-abu keperakan ini tumbuh setinggi 30-120 cm di bawah sinar matahari penuh dan menawarkan menara mekar kecil yang anggun.

Ilustrasi tanaman lavender di pot.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman lavender di pot.

Baca juga: Harus Tahu, Berikut Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan

Selain meredakan stres, lavender juga mengusir nyamuk. Untuk bunga lavender ungu yang sangat mencolok, pilih varietas Hidcote Superior, Sarah atau Munstead.

3. Clematis

Beberapa jenis bunga clematis bisa tumbuh hingga setinggi 9 meter. Tanaman ini memberikan lebih banyak bunga dalam ruang yang lebih sedikit daripada hampir semua hal yang akan Anda temukan.

Tanam clematis di tempat yang cerah dan terlindung dan lihatlah tanaman ini tumbuh subur. Bunganya yang harum pun disukai banyak hewan penyerbuk.

Jenis Jackmanii klasik banyak digemari, tetapi jenis Arabella juga cantik, dengan paduan warna biru dan ungu muda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com