Kompas.com - 16/03/2021, 20:46 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ilustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah satu tahun lebih berlangsungnya pandemi Covid-19 di Indonesia, hal ini membuat berbagai pihak melakukan berbagai kajian maupun survei mengenai segala macam perubahan yang terjadi.

Dan salah satu pihak yang melakukan hal tersebut adalah Rumah.com, sebuah portal properti di Indonesia.

Rumah.com melakukan sebuah survei rutin yang bertajuk Rumah.com Consumer Sentiment Study, yang merupakan survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura.

Baca juga: Pandemi Tingkatkan Kesadaran dan Dorongan Konsumen untuk Punya Rumah

Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.078 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada bulan Juli hingga Desember 2020, yang bertujuan untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di tanah air.

Terdapat cukup banyak menarik yang ditemukan dalam survei tersebut, yang mana ada hal baik maupun buruk yang muncul.

Di bawah ini terdapat beberapa temuan menarik yang didapat dari survei tersebut berdasarkan keterangan resmi yang didapat Kompas.com, Selasa (16/3/2021), berikut di antaranya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pandemi meningkatkan kesadaran dan dorongan untuk membeli rumah

Karena situasi pandemi yang memaksa responden lebih banyak meluangkan waktu di rumah, hal ini rupanya memberikan sudut pandang baru terhadap responden.

Baca juga: 6 Cara Simpel Wujudkan Kebahagiaan di Rumah Menurut Feng Shui

Karena terlalu sering berada di rumah, kini mereka menjadi lebih sadar akan pentingnya memiliki tempat tinggal yang lebih berkualitas.

2. Keinginan tinggal di luar Jakarta

Kebutuhan untuk menjaga jarak atau social distancing dan pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah, membuat banyak perusahaan menerapkan bekerja dari rumah atau WFH (work from home).

Hal ini membuat banyak orang menjadi sadar bahwa bekerja tidak harus di kantor, atau bahkan lebih jauh lagi tidak harus di kota besar yang hiruk pikuk.

Lebih dari separuh atau sekitar 53 persen responden mengaku terpikir untuk mencari hunian di luar wilayah Jabodetabek jika bisa terus menjalani sistem kerja WFH atau remote working.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X