Kompas.com - 04/03/2021, 15:22 WIB
Foto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAFoto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam memelihara ikan cupang, terdapat berbagai macam hal yang dianjurkan, yang mana anjuran tersebut perlu diterapkan untuk memastikan ikan cupang bisa hidup dengan baik.

Memberikan garam pada air di wadah atau akuarium ikan cupang, merupakan salah satu hal yang dianjurkan ketika seseorang merawat ikan cupang.

Jika kamu adalah seorang pemula dalam memelihara ikan cupang, maka hal ini mungkin membuatmu bingung dan tak mengerti apa tujuannya.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Ikan Cupang Betina

Namun, perlu kamu ketahui bahwa garam ikan yang diberikan kepada ikan cupang memiliki manfaat tertentu, yang baik untuk ikan cupang.

Dilihat dari kanal Youtube Bang WI Betta Genetic, Kamis (4/3/2021), setidaknya ada 5 manfaat kegunaan garam ikan untuk ikan cupang, berikut di antaranya.

1. Membunuh dan mencegah berkembang biaknya parasit

Efek dari bakteri atau parasit itu biasanya membuat ikan cupang mengalami ekor kuncup, whitespot dan pop eye atau mata bengkak.

Maka dari itu, penggunaan garam untuk ikan cupang bisa dikategorikan sebagai antibiotik.

Baca juga: Ikan Cupang Tidak Mau Ngedok? Ini Penyebab dan Solusinya

2. Mengurangi atau mencegah stres pada ikan cupang

Kalau ikan cupang milikmu stres, maka itu akan mengganggu proses keluar masuknya cairan di dalam tubuh ikan cupang tersebut.

Kasus ini biasanya terjadi ketika ikan cupang pertama kali baru mengganti air dan dipindah wadah atau soliter.

3. Sebagai jamu untuk ikan cupang

Garam bisa berfungsi sebagai jamu untuk ikan cupang, yang mana baik untuk kehidupan mereka. Namun, anjuran penggunaan garam ikan untuk ikan cupang harus diperhatikan

Sebagai contoh, takaran garam untuk 5 liter air pada wadah ikan cupang itu bisa 2 sendok atau 2 comotan tangan garam ikan.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X