Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2021, 13:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memelihara ikan cupang, Anda perlu memperhatikan apakah ikan cupang Anda mengalami stres. Sebab, stres yang dialami ikan cupang bukanlah hal yang baik.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Jumat (19/2/2021), stres pada ikan cupang mirip dengan stres yang dialami manusia. Stres terjadi ketika ada kondisi yang menyebabkan ikan cupang melepaskan kortisol, hormon pemicu stres, dan adrenalin.

Kedua hormon tersebut berbahaya bagi kelangsungan hidup hewan. Seiring berjalannya waktu, tubuh ikan cupang akan mengalami gangguan karenanya.

Baca juga: Ikan Cupang Terus Berada di Dasar Akuarium, Apa yang Terjadi?

Jenis stres yang dialami ikan cupang

Kondisi ikan cupang stres dibedakan menjadi dua jenis, yakni stres rendah atau jangka panjang dan stres tinggi atau jangka pendek.

Stres rendah atau jangka panjang

Stres jangka panjang atau rendah adalah stres yang minimal, namun terjadi terus-menerus. Dalam lingkungan stres jangka panjang yang rendah, cupang Anda akan terus berusaha beradaptasi.

Ini akan melemahkan sistem kekebalan dan kesehatannya yang perlahan mulai memburuk. Jika cupang stres dalam waktu lama, ia akan kelelahan hingga mati.

Stres tinggi atau jangka pendek

Ini adalah stres yang akan terjadi dengan sangat cepat, namun ini tidak konstan. Efek stres jangka pendek yang tinggi hanya akan berlangsung selama beberapa hari.

Baca juga: Obat P3K yang Perlu Disiapkan Saat Merawat Ikan Cupang 

Namun, paparan berulang untuk jenis stres ini tetap berdampak buruk bagi ikan cupang.

Penyebab ikan cupang stres

Ada berbagai penyebab stres pada ikan cupang. Menemukan penyebab dan mengatasinya dengan benar adalah salah satu cara untuk menjaga cupang tetap bahagia dan sehat.

Penyebab stres jangka panjang

Berikut adalah penyebab stres rendah atau jangka panjang yang paling umum yang mungkin memengaruhi ikan cupang. Namun demikian, stres ini dapat diminalisir dengan berbagai upaya yang Anda lakukan.

1. Akuarium terlalu kecil

Saat Anda memilih akuarium untuk ikan cupang, Anda tidak boleh memilih akuarium yang ukurannya lebih kecil dari 5 galon. Jika ukuran akuarium lebih kecil dari 5 galon, maka akan cepat kotor sehingga ikan cupang stres.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com