Kompas.com - 26/02/2021, 15:27 WIB
Ilustrasi ikan cupang. UNSPLASH/PIETRO JENGIlustrasi ikan cupang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dikenal sebagai ikan petarung, seekor ikan cupang, terutama jantan, seharusnya memiliki perilaku atau tindakan yang disebut 'ngedok'.

Ngedok sendiri merupakan istilah yang disebutkan dalam dunia percupangan, di mana ini adalah tindakan yang dilakukan ikan cupang untuk mempertahankan diri dari serangan predator yang memburunya, hingga melakukan perlawanan balik.

Saat merasa terancam, atau terlihat ada lawan di sekitarnya, ikan cupang akan reflek untuk ngedok.

Baca juga: Penyebab Ikan Cupang Ngedok yang Perlu Diketahui

Saat ikan cupang ngedok, mereka membuka insangnya lebar-lebar agar bisa terlihat lebih besar, sehingga mampu mengintimidasi lawannya.

Namun, perilaku ngedok mungkin tidak bisa dilakukan oleh beberapa ikan cupang, yang mana terdapat beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Saat ikan cupang tidak mau ngedok, ini merupakan hal yang tidak baik, karena mereka bisa menjadi bulan-bulanan dari lawannya dan membuat cupang tidak terlihat istimewa.

Tindakan ngedok tidak selalu merupakan tanda agresi atau pertarungan. Hal ini juga bermanfaat bagi cupang dan merupakan cara agar mereka meregangkan otot dan menjaga kebugaran tubuh.

Baca juga: Ikan Cupang Menggigit Ekornya Sendiri? Ini Penyebabnya

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas penyebab ikan cupang tidak mau ngedok dan solusi untuk mengatasinya, seperti yang dilihat dari Channel Youtube Bang WI Betta Genetic, Jumat (26/2/2021).

Beberapa penyebab ikan cupang tidak mau ngedok

1. Stres

Faktor pertama mengapa ikan cupang tidak mau ngedok itu bisa dikarenakan mereka mengalami stres.

Stres terjadi ketika ada kondisi yang menyebabkan ikan cupang melepaskan kortisol, hormon pemicu stres, dan adrenalin.

Kedua hormon tersebut berbahaya bagi kelangsungan hidup hewan. Seiring berjalannya waktu, tubuh ikan cupang akan mengalami gangguan karenanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X