Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2021, 12:49 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - P3K alias pertolongan pertama pada kecelakaan adalah sarana pertolongan atau penyelamatan yang harus disediakan di setiap rumah untuk digunakan penghuninya saat mengalami sesuatu yang melukai atau menyakiti.

Umumnya P3K digunakan oleh orang-orang yang mana terdiri dari obat-obatan, baik obat dalam dan luar yang dimasukkan ke dalam kotak, sehingga disebut kotak P3K.

Akan tetapi, kotak P3K juga perlu kamu sediakan untuk ikan cupang, apabila kamu memeliharanya di rumah.

Baca juga: Kenapa Ada Bintik-bintik Putih di Tubuh Ikan Cupang? Ini Penyebabnya

Memiliki kotak P3K untuk ikan cupang dapat membuat hidupmu jauh lebih mudah saat ikan cupang yang kamu miliki sakit.

Saat penyakit serius menyerang ikan cupangmu dengan cepat, dan jika kamu tidak siap, kamu mungkin tidak punya waktu untuk menyelamatkan ikan cupangmu.

Jadi, teruslah membaca untuk mengetahui semua yang harus kamu persiapan ke dalam kotak P3K untuk ikan cupangmu, serta kapan menggunakannya, dilansir dari beberapa sumber, Kamis, (11/2/2021).

Panduan kit pertolongan pertama ikan cupang

Berikut ini adalah perlengkapan penting yang harus selalu kamu miliki di rumah. Ketika tiba waktunya ikan cupangmu sakit, kamu bisa langsung menggunakannya tanpa harus menunggu kamu membelinya terlebih dahulu yang akan memakan banyak waktu.

Baca juga: Penyebab Ikan Cupang Berenang Secara Vertikal atau Berdiri

Alat uji air akuarium

Memiliki alat uji air akuarium atau tester pH meter adalah suatu keharusan bagi semua pemilik ikan. Kamu tetap harus sering memeriksa air untuk memastikan level air di akuarium ikan cupang aman, terutama di akuarium yang lebih kecil.

Para profesional ikan cupang di luar negeri akan sering menanyakan parameter air akuarium saat mendiagnosis cupangmu. Dengan menyiapkan alat uji air akuarium, kamu akan menghemat banyak waktu.

Kondisioner air akuarium

Kamu juga harus selalu memiliki kondisioner air akuarium. Kamu akan menggunakannya setiap kali menambahkan lebih banyak air ke akuarium. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com