Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Cupang Terus Berada di Dasar Akuarium, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 16/02/2021, 14:55 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah kamu tengah menatap ke dalam akuarium dan mengamati bahwa ikan cupangmu ternyata terus berada di dasar akuarium?

Ketika kamu melihat perilaku ini pada ikan cupangmu, kamu mungkin langsung mulai khawatir dan bertanya-tanya, "apakah itu normal?" atau "apakah ada sesuatu yang tidak beres?"

Dilansir beberapa sumber, Selasa (16/2/2021), teruskan membaca untuk mengetahui semua alasan mengapa ikan cupang bertahan di dasar akuarium dan apakah kamu harus khawatir.

Baca juga: Obat P3K yang Perlu Disiapkan Saat Merawat Ikan Cupang 

Saat kamu melihat ikan cupang di dasar akuarium, kabar baiknya adalah kamu tidak perlu panik dulu. Ada banyak alasan ikan cupang menunjukkan perilaku ini dan beberapa di antaranya menyebabkan kekhawatiran, beberapa tidak.

Sebelum panik, ada beberapa hal yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri, seperti berikut ini:

1. Apakah kamu memiliki filter?

Salah satu alasan ikan cupang berbaring di dasar akuarium adalah jika kamu tidak memiliki filter di dalam akuarium. Jika kamu tidak memiliki filter, mungkin ada penumpukan bahan kimia serta amonia.

Jika amonia terlalu banyak menumpuk, ikan cupangmu bisa mulai menderita keracunan amonia yang bisa berakibat fatal dengan cepat.

Baca juga: Kenapa Ada Bintik-bintik Putih di Tubuh Ikan Cupang? Ini Penyebabnya

Selain itu, jika bahan kimia lain secara tidak sengaja masuk ke dalam akuarium ikan cupangmu, hal itu juga dapat merusak ikan cupangmu. Dan tanpa filter untuk menghilangkannya, mereka akan terus meracuni ikan cupangmu.

Di sisi lain, jika kamu memiliki filter, kamu mungkin melihat ikan cupang tetap berada di dasar akuariumnya juga. Dan itu mungkin karena arus yang datang dari filtermu terlalu kuat.

Jika demikian, ikan cupangmu mungkin lebih memilih berada di dasar akuarium untuk menghindarinya.

2. Apakah kamu memiliki pemanas?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com