Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2021, 11:27 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Memandikan anjing secara teratur adalah bagian penting dari perawatan dan kebersihan yang baik.

Karena, mandi akan membantu menghilangkan kotoran yang terlihat dan yang tak terlihat di dalam bulu anjing. Tak hanya itu, mandi juga akan membuat anjing tetap sehat dan bebas dari parasit.

Meskipun memandikan penting bagi semua anjing, tidak semua jenis anjing harus mandi dengan frekuensi yang sama. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti ras, bulu, dan lingkungannya, semuanya memengaruhi seberapa sering kita harus memandikan si doggy.

Baca juga: Catat, Ini Buah yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Anjing

Setelah kamu menentukan berapa banyak mandi yang dibutuhkan hewan peliharaanmu, jadikan saat-saat mandi menjadi sesuatu yang nyaman dan bebas stres.

Berikut tips dari dokter hewan yang bisa kamu terapkan tentang memandikan anjing, seperti dikutip dari Good Housekeeping, Selasa (16/2/2021). 

1. Persiapan

Bahkan sebelum kamu menyalakan air, luangkan waktu untuk mengatur lingkungan untuk membuat anjing merasa nyaman. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan merapikan bulu anjing sehingga prosesnya tidak memicu ketidaknyamanan.

“Kamu disarankan untuk meluangkan waktu untuk menyikat bulu anjing, terutama jika itu adalah anak anjing berbulu panjang yang sering kusut,” kata Jennifer Freeman, dokter hewan dan pakar perawatan hewan peliharaan PetSmart. 

Baca juga: Perlukah Anjing Berolahraga? Ini Penjelasannya

"Rambut kusut bisa menjadi lebih kusut saat kamu mulai memandikan anjing, ini akan menjadikannya pengalaman yang tidak menyenangkan bagi hewan peliharaan,” imbuhnya.

2. Tempat memandikan anjing

Pertama, kamu harus menentukan tempat yang tepat untuk memandikan anjing.

“Pertimbangkan ukuran dan ras anjing untuk memastikan bahwa kamu sudah memiliki ruang dan untuk menentukan apakah akan memandikan anjing di dalam atau di luar rumah,” kata Freeman.

Untuk anjing yang sangat kecil, wastafel mungkin paling cocok. Atau, jika kamu memiliki bak mandi besar, ini bisa menjadi tempat untuk memandikan anjing dari ras apapun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com